Hal Penting Tentang Vaksin Covid yang Wajib Anda Tahu

Website Biogesic Indonesia
Hal Penting tentang Vaksin Covid yang Wajib Diketahui
29 June 2021
Hal Penting tentang Vaksin Covid yang Wajib Diketahui

Demi menanggulangi pandemi dunia yang disebabkan penyebaran virus Covid-19, beberapa negara dan pihak swasta telah merilis vaksin Covid. Di Indonesia, khususnya, vaksin Covid telah diberikan secara gratis untuk warga negara Indonesia yang memiliki tingkat risiko tertinggi, lalu dilanjutkan dengan pemberian vaksin untuk masyarakat lainnya. Namun, apa itu vaksin Covid dan manfaatnya bagi pertahanan tubuh? Mari cari tahu selengkapnya.

Banyak orang yang masih bertanya-tanya mengenai bagaimana cara kerja vaksin Covid untuk melawan virus Covid-19. Vaksin adalah salah satu cara untuk meredam penyebaran Covid-19 dan memperkuat daya tahan tubuh dari serangan jenis virus baru ini, terutama bagi lansia yang memiliki kekebalan tubuh lebih rendah. Cara kerja vaksin yang membutuhkan waktu untuk dapat melawan virus Covid-19 ini juga mengharuskan masyarakat untuk melakukan vaksin sebanyak dua kali.

Saat ini, ada jenis-jenis vaksin yang telah digunakan di berbagai negara dan harus disetujui penggunaannya oleh WHO setelah melalui rangkaian tes ketat. Beberapa vaksin Covid yang telah diizinkan untuk digunakan antara lain Sinovac, Pfizer, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, CanSino, dan beberapa vaksin lainnya. Pemerintah Indonesia saat ini juga telah melaksanakan program vaksinasi dan juga dibantu oleh vaksinasi Gotong Royong yang didanai oleh perusahaan yang ingin memberikan perlindungan berupa vaksinasi gratis kepada karyawannya atau menggunakan vaksinasi Nusantara. Dikarenakan ketersediaan vaksin masih terbatas, maka kedua program ini diatur sedemikian rupa agar tidak menggunakan merek vaksin Covid yang sama.

Walaupun banyak yang membahas mengenai efek samping vaksinasi, namun hal ini termasuk normal karena tubuh terpapar oleh virus yang telah mati dan berusaha untuk melawan “zat asing” ini untuk keluar dari tubuh. Umumnya, efek samping vaksin/efek samping vaksin yang dirasakan berbeda pada tiap orang, namun tidak terbatas pada sakit kepala, lemas, nyeri otot, hingga demam setelah vaksin. Namun, kebanyakan orang dapat mengatasi efek samping vaksin dengan mudah, misalnya meminum obat seperti Biogesic yang bekerja untuk meredakan nyeri sendi, sakit kepala, nyeri otot, hingga menurunkan demam.

Agar bisa mendapatkan vaksinasi, setiap orang harus memenuhi beberapa syarat tertentu. Syarat penerima vaksin saat ini antara lain:

  • Pernah terpapar Covid-19 dan telah sembuh lebih dari 3 bulan
  • Berusia 18 tahun ke atas
  • Tidak sedang mengandung
  • Tenaga medis
  • Lansia
  • Tekanan darah di bawah 180/110 mmHg
  • Mengidap penyakit kronik dalam kondisi terkendali
  • Penderita TBC namun telah menjalani pengobatan lebih dari dua minggu
  • Pengidap kanker yang sedang dalam masa terapi dapat divaksin dengan membawa surat keterangan dari dokter yang merawat

Seperti yang telah disebutkan, vaksin Covid dapat meningkat efikasinya dengan pemberian dua dosis. Jadwal penerimaan vaksin ini dilakukan selang setidaknya satu bulan sejak dosis pertama diberikan. Walaupun tidak 100% bisa melindungi dari virus Covid-19, namun tujuan vaksin ini adalah agar tubuh memiliki pondasi yang lebih kuat untuk melawan virus jenis baru ini.

Setelah daftar vaksin yang bisa digunakan resmi keluar, baik pada program pemerintah, maupun vaksinasi Gotong Royong/ Vaksin Gotong Royong, pendaftaran program vaksinasi ini sudah dapat dilakukan. Untuk vaksinasi ini, semua orang yang telah memenuhi syarat dapat mendaftarkan diri. Untuk menekan angka penularan, maka daftar vaksin online dianjurkan untuk dilakukan. Masyarakat hanya perlu mendaftarkan diri via online dengan mengisi data diri lalu setelahnya akan diberikan undangan jadwal vaksin.

Agar Ibu dan keluarga tetap sehat dan tidak terpapar virus Covid-19, segera laksanakan vaksin Covid untuk meningkatkan imun. Jika mengalami demam setelah vaksin atau  gejala setelah vaksin Covid, minum Biogesic Tablet / Biogesic 500 sebagai pertolongan pertama untuk meredakan demam. Biogesic mengandung 500mg paracetamol yang aman dan efektif meredakan demam dan sakit kepala, jika digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan. Jaga terus kesehatan dengan berolahraga di rumah, mengonsumsi makanan bergizi, dan mematuhi protokol kesehatan. Terapkan Peduli Lindungi agar pandemi cepat berakhir dan semua bisa menjalani aktivitas kembali dengan normal.

Baca artikel lainnya :

1. Yuk, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala

2. Resep Makanan untuk Menurunkan Demam dan Flu

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga