5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh & Terhindar dari Sakit Kepala | Biogesic

Website Biogesic Indonesia
5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar Sakit Kepala
14 September 2020
5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar Sakit Kepala

Sakit kepala bisa menjadi gejala berbagai kondisi kesehatan seseorang dan tanda imun tubuh yang melemah. Sakit kepala umumnya terjadi karena Moms sedang flu, migrain, vertigo, ada gangguan saraf, stres, atau kondisi lainnya. Kalau terjadi sesekali saja rasanya sudah sangat mengganggu, jadi jangan tunggu sampai parah ya. Pasalnya, bisa membuat aktivitas sehari-hari tidak maksimal dan menjadi tidak nyaman.  

Dilansir dari jurnal dari Therapeutic Advances in Chronic Disease, pola tidur yang tidak cukup dan tingkat stres tinggi sangat berisiko terhadap berbagai penyakit. Berikut beberapa cara meningkatkan imun tubuh dan terhindar dari sakit kepala yang bisa Anda lakukan:

  

Mencukupi cairan tubuh

 

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan, maka dari itu kebutuhan cairan tubuh harus terpenuhi. Rasa sakit kepala juga bisa dikarenakan kekurangan cairan, lho. Dehidrasi bisa memperparah kondisi kalau tidak segera diatasi. Selalu minum setidaknya 2 liter atau setara 8 gelas per hari, sesuaikan dengan aktivitas tubuh agar imun tubuh tetap terjaga.

 

 Berbaring sejenak

 

Saat merasakan sakit kepala sehabis berbaring atau sehabis terpapar panas, segeralah berbaring. Cara ini dapat mendorong aliran darah ke otak dan mengurangi penekanan di kaki. Di samping itu, hentikan dahulu aktivitas yang dilakukan, ambil napas dengan tenang lalu tenangkan pikiran. Cobalah pejamkan mata sambil duduk atau berbaring.

 

 Penuhi waktu tidur pribadi

 

Jangan heran bila kepala sering tidur kalau waktu tidur yang cukup tidak terpenuhi. Selain menyebabkan sakit kepala, kurang tidur berisiko memicu masalah lainnya. Mulai dari sistem imun yang melemah, kesulitan mengatur emosi, hingga menurunnya kualitas hidup. Segeralah ambil waktu untuk istirahat berkualitas. Salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh yang tak kalah penting adalah upayakan untuk selalu memenuhi waktu tidur 6-8 jam setiap hari.

 

 Kurangi asupan garam, kafein, dan alkohol

 

Ketiga hal di atas adalah konsumsi yang bisa membuat sakit kepala semakin memburuk. Garam, kafein, dan alkohol bersifat diuretik (meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil). Nah, kondisi ini yang membuat tubuh semakin banyak kehilangan cairan tubuh hingga sakit kepala bertambah parah. Tak hanya konsumsi hal tersebut saja yang harus dikurangi, seseorang yang sering mengalami sakit kepala juga tidak disarankan untuk merokok karena berisiko memperparah sakitnya.

 

 Pilih obat yang tepat

 

Tidak menutup kemungkinan, sakit kepala berkaitan dengan konsumsi obat yang tengah Moms konsumsi. Disarankan untuk pilih Biogesic, obat yang mengandung paracetamol yang bekerja sebagai pereda nyeri (analgesik) dan penurun panas (antipiretik). Di dalamnya mengandung 500 mg Paracetamol, aman digunakan oleh anak-anak, ibu hamil dan menyusui, maupun lanjut usia bila diminum sesuai indikasi dan aturan pakai. Jadi jangan sampai salah pilih ya!

 

Moms, kalau memang sakit kepala tidak kunjung mereda, atau disertai rasa lemas dan keluhan lainnya segeralah kunjungi dokter. Senantiasa terapkan cara meningkatkan imun tubuh terbaik agar terhindar dari sakit kepala dan untuk hidup lebih sehat bebas dari penyakit.

 

Baca artikel lainnya:

  1. Yuk, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala
  2. Resep Makanan untuk Menurunkan Demam dan Flu
BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga