Yuk, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala | Biogesic

Website Biogesic Indonesia
Sakit Kepala? Kenali Jenis dan Penyebabnya!
14 December 2020
Sakit Kepala? Kenali Jenis dan Penyebabnya!

Kadang sakit kepala sebelah kiri, depan, belakang, bahkan terasa nyeri hingga ke leher dan pundak serta dapat dialami sekejap, maupun berhari-hari lamanya. Moms juga pernah mengalami sakit kepala seperti ini, kan? Walaupun merupakan salah satu hal yang umum dialami oleh sebagian besar orang di dunia, ternyata tidak semua punya penyebab dan penanganan yang sama, Moms! Yuk, cari tahu lebih jauh tentang berbagai jenis sakit kepala yang paling umum di bawah ini!

 

1. Tension Headache

Sakit kepala tension sangat umum dialami oleh remaja dan orang dewasa. Saat mengalami tension headache, Moms dapat merasakan sakit seperti cengkeraman di sekitar dahi dan belakang kepala hingga tengkuk. Selain merasakan pusing di sekitar kepala, tension headache juga dibarengi dengan otot tegang di sekitar pundak, leher, hingga rahang. Umumnya, sakit kepala ini bisa berlangsung selama 30 menit hingga beberapa hari. Tetapi, jika sudah kronis, maka dapat berlangsung lebih lama dan dapat mereda namun rasa sakit di kepala tidak sepenuhnya hilang. Saat mengalami tension headache ini, Moms dapat merasa lebih sensitif terhadap cahaya atau suara bising dalam tingkatan ringan, sulit tidur, nyeri otot, atau sulit berkonsentrasi. Walaupun begitu, kebanyakan kasus tension headache tidak begitu mengganggu aktivitas harian, penglihatan, keseimbangan tubuh, dan juga tenaga.

2. Migraine Headache

Moms mungkin sudah sering mendengar tentang migraine headache atau yang biasa disebut migrain ini, kan? Migraine headache umumnya dirasakan di satu sisi kepala saja dan terasa seperti berdenyut. Saat mengalami migrain, sensitivitas terhadap cahaya dan suara akan meningkat hingga disertai mual dan muntah. Dalam beberapa kasus, serangan migrain diawali oleh gangguan visual, seperti melihat kilatan cahaya, garis zig-zag, mata berkunang, hingga blind spot.

3. Allergy/Sinus Headache

Sakit kepala jenis ini biasanya disebabkan adanya reaksi alergi terhadap suatu hal. Umumnya, pusing karena alergi dirasakan di sekitar sinus atau di kepala bagian depan. Seperti namanya, sakit kepala jenis ini biasanya dialami oleh pengidap alergi musiman atau sinusitis. Rasa sakit tersebut muncul karena adanya penumpukan cairan hidung yang menekan sinus. Oleh karena itu, penderita sinusitis disarankan untuk mengeluarkan cairan hidung yang menumpuk dengan terapi uap jika tidak terdapat infeksi.

4. Hormone Headache

Seperti namanya, sakit kepala jenis ini disebabkan karena perubahan hormonal dalam tubuh. Masa kehamilan atau menstruasi merupakan dua hal umum yang menyebabkan adanya perubahan kadar estrogen yang menjadi penyebab pusing. Untuk itu, kegiatan relaksasi seperti yoga, akupunktur, serta mengatur pola makan dapat menjadi alternatif pencegahan sakit kepala karena perubahan hormon.

5. Exertion Headache

Pernah merasakan pusing setelah melakukan aktivitas berat? Moms bisa saja mengalami exertion headache! Rasa sakit di kepala dapat muncul setelah beraktivitas terlalu intens, seperti berlari, mengangkat beban, atau olahraga berat lainnya. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aliran darah ke daerah kepala. Oleh karena itu, exertion headache juga ditandai oleh denyutan yang cukup kencang di kedua sisi kepala.

 

 

Nah, itulah beberapa jenis sakit kepala yang dinilai paling umum. Apakah Moms pernah merasakan pusing seperti yang telah dijelaskan? Tenang, Moms! Jika sakit kepala menyerang, minum Biogesic dengan kandungan Paracetamol 500 mg , aman digunakan ibu hamil bila diminum sesuai indikasi dan aturan pakai. Tetap sehat dan selamat beraktivitas dengan nyaman tanpa rasa nyeri!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga