4 Hal Wajib yang Perlu Diketahui Ibu Hamil Sebelum Melakukan Vaksin

Website Biogesic Indonesia
Hamil di Masa Pandemi, Bisakah Ikut Vaksin?
31 August 2021
Hamil di Masa Pandemi, Bisakah Ikut Vaksin?

 

Masa kehamilan merupakan saat-saat yang membahagiakan bagi kedua calon orang tua. Namun, di masa pandemi COVID 19 ini, kehamilan bisa menimbulkan kecemasan dan menimbulkan berbagai pertanyaan, termasuk jika hamil di masa pandemi, bolehkah melakukan vaksinasi untuk melindungi ibu dan calon buah hati.

Saat ini, vaksinasi sangat disarankan untuk dilakukan oleh semua orang mulai dari usia 12 tahun. Vaksin sangat berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap jenis virus baru COVID 19 yang bermutasi seiring penyebarannya. Walaupun begitu, ada beberapa kondisi yang memerlukan peninjauan terlebih dahulu sebelum melakukan vaksin. Sebenarnya, ibu hamil boleh vaksin asalkan tidak memiliki penyakit bawaan. Jika diinginkan, ibu hamil boleh vaksin setelah melakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Selain itu, jenis vaksin yang digunakan haruslah sudah teruji dan benar-benar aman digunakan sebagai vaksin ibu hamil.

Beberapa tips hamil dari berbagai lembaga kesehatan, khususnya saat pandemi ini merekomendasikan vaksin saat hamil. Tak hanya itu, jika merencanakan program kehamilan di masa pandemi, Moms dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan dan menjaga agar tubuh tetap sehat mulai dari masa subur hingga kehamilan. Bukan hanya melindungi ibu dan bayi saat masa kehamilan, vaksin COVID juga bisa melindungi setelah kelahiran. Jika ibu hamil positif COVID tanpa adanya perlindungan khusus dari salah satu jenis vaksin yang beredar, justru risiko yang dihadapi akan lebih besar. Belum lagi jika ibu hamil memiliki penyakit bawaan. Oleh karena itu, jika hamil saat pandemi COVID, lebih baik melakukan vaksin untuk kesehatan ibu dan bayi.

Saat ingin melakukan vaksin, mungkin saja muncul keraguan tentang vaksin mana yang harus digunakan. Sebenarnya, semua jenis vaksin memiliki fungsi yang sama, yaitu memerangi virus COVID 19 yang menyerang sistem pertahanan tubuh. Jenis virus baru ini tidak dapat dilawan oleh sistem imun karena tubuh tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk melawannya, terlebih varian virus COVID 19 yang baru ditemukan. Maka, semua jenis vaksin yang telah memiliki izin penggunaan darurat juga aman digunakan.

Namun, untuk bisa mendapatkan vaksin COVID, ibu hamil juga harus memenuhi beberapa syarat, seperti:

  • Memiliki tekanan darah di bawah 140/90 mmHg.
  • Tidak memiliki gejala, seperti kaki bengkak, pusing dan mual, pandangan kabur, atau nyeri ulu hati.
  • Tidak memiliki penyakit jantung, asma, diabetes, hipertiroid, HIV, penyakit paru dan hati, atau pun ginjal kronik.
  • Sudah melakukan konsultasi jika memiliki alergi berat atau yang mengidap penyakit autoimun.

Selain beberapa syarat vaksin untuk ibu hamil di atas, disarankan untuk dilakukan saat kandungan sudah menginjak trimester 2 (14-28 minggu) atau trimester 3 (mulai minggu ke-29). Hal ini dimaksudkan agar tubuh bayi di dalam perut sudah lebih kuat. Selain itu, saat memasuki usia kandungan ini, vaksin ibu hamil juga akan lebih efektif bekerja dan memiliki risiko lebih kecil terjadinya efek samping. Selain itu, dengan melakukan suntik vaksin untuk ibu hamil justru akan memberikan imunisasi pasif terhadap calon buah hati sehingga lebih kuat dan lebih sehat.

Setelah melakukan vaksin, Moms dapat dengan tenang menjalani proses kehamilan hingga persalinan. Hal yang harus diperhatikan adalah tetap menjaga protokol kesehatan dan mengomsumsi makanan yang kaya akan vitamin serta zat besi, asam folat, serta zinc untuk pertumbuhan bayi. Beberapa jenis asupan ini juga bisa membantu daya tahan tubuh Moms agar terhindar dari COVID 19 dan penyakit lainnya. Lalu, jika Moms mengalami gejala, seperti sakit kepala atau demam, sebaiknya segera minum obat demam atau yang mengandung paracetamol seperti Biogesic. Setelah meminum Biogesic yang berfungsi untuk membantu menurunkan demam, istirahat yang cukup dan hindari untuk melakukan aktivitas berat.

Selain itu, agar proses kehamilan lancar, Moms dapat melakukan beberapa olahraga ringan, seperti peregangan untuk meredakan nyeri perut. Sebagai pertolongan pertama, selalu sedia Biogesic yang mengandung Paracetamol 500mg dan dapat membantu meringankan sakit kepala hingga demam dengan beli di sini. Semoga sehat selalu, Moms!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga