4 Gerakan Mengatasi Nyeri dan Kram Perut Saat Hamil | Biogesic

Website Biogesic Indonesia
Gerakan Ampuh untuk Menghindari Nyeri dan Kram Perut Saat Hamil
14 September 2020
Gerakan Ampuh untuk Menghindari Nyeri dan Kram Perut Saat Hamil

Seiring dengan perkembangan janin di dalam perut, perubahan pun akan semakin banyak terjadi. Tidak hanya perubahan psikis dan emosional, perubahan pada tubuh pun semakin terasa, salah satunya adalah kram perut. Kram dan nyeri perut saat hamil memang sering dialami karena berbagai faktor, khususnya oleh Moms yang juga harus siap mendampingi anak menjalani sekolah daring atau online di rumah selama pandemi. Kalau sudah begini, tidak hanya fisik saja yang akan terkuras, tapi juga tingkat stres dan emosional. Rasa kaku dan nyeri dari kram perut memang terasa cukup mengganggu, tapi ada beberapa gerakan yang bisa Moms lakukan untuk menguranginya.

 

Dilansir dari laman Babycenter, berikut beberapa gerakan yang bisa dilakukan ibu hamil untuk meredakan kram dan nyeri perut saat hamil. Apa saja, ya? Simak yuk!

 

Rangkaian Gerakan 1

Tak hanya dapat meredakan nyeri dan kram perut, rangkaian gerakan ini juga sangat baik untuk meningkatkan elastisitas pelvis dan persiapan kelahiran. Berikut gerakannya.

  • Duduklah dengan nyaman di lantai dengan meluruskan punggung dan bahu sambil menenangkan diri serta menarik nafas secara teratur.

  • Satukan telapak kaki, lalu tahan dengan tangan memegangi keduanya. Tarik kaki ke tubuh sedekat mungkin, namun jaga agar tetap nyaman dan aman.

  • Saat kaki bergerak mendekat ke tubuh, turunkan lutut di kedua sisinya, ukur hingga tingkat kenyamanan Moms.

  • Rasakan peregangan di paha bagian dalam. Moms juga bisa melakukan gerakan kupu-kupu dengan menggerakkan lutut ke atas dan ke bawah secara perlahan.

  • Setelah dirasa cukup, kembali turunkan lutut. Tahan selama beberapa detik dan kemudian rilekskan kaki dengan meluruskannya ke depan.

 

Rangkaian Gerakan ke-2

Gerakan-gerakan berikut ini, selain meredakan rasa nyeri dan kram, gerakan ini juga akan meringankan sesak napas, nyeri tubuh dan memperbaiki postur tubuh.

  • Lakukan posisi berdiri dengan membuka kaki selebar pinggul, dan letakkan lengan di pinggul.

  • Bawa tubuh jadi relaks, kemudian tarik napas dalam-dalam, angkat lengan ke depan dan ke atas kepala secara perlahan.

  • Hirup napas sebanyak mungkin untuk meregangkan dada dan memberi ruang di perut Moms.

  • Kemudian hembuskan nafas secara perlahan sambil menurunkan tangan. Lakukan gerakan ini 5-10 kali.

 

Rangkaian Gerakan ke-3

Rangkaian gerakan terakhir ini juga akan sangat membantu menghilangkan sakit punggung dan melepaskan ketegangan, lho.

  • Duduklah di tumit dengan posisi lutut agak ke samping. Bersandarlah ke depan agar perut Moms menggantung di antara kedua kaki, dan letakkan lengan ke depan.

  • Pastikan leher Moms sejajar dengan tulang belakang. Jika perut menyentuh lantai, angkat pantat sedikit ke atas. Moms juga bisa meletakkan bantal di antara paha untuk mendapat dukungan dan posisi yang nyaman.

 

Rangkaian Gerakan ke-4

Saat memasuki masa akhir kehamilan, Moms mungkin sering mengalami kram kaki. Nah, untuk mencegah dan mengurangi kram kaki, lakukan gerakan-gerakan berikut ini.

  • Berdirilah di depan dinding dengan salah satu kaki melangkah ke depan. Pastikan jari kaki mengarah ke depan dan sejajar dengan lutut.

  • Letakkan tangan di dinding setinggi bahu, tekuk lutut depan, kemudian sandarkan ke dinding. Pastikan lutut tidak melewati garis kaki.

  • Jaga kaki belakang agar tetap lurus, dengan tumit ditekan di lantai.

  • Tahan posisi selama 30 detik, lalu ganti kaki yang satunya.

 

Itulah beberapa gerakan yang bisa Moms lakukan untuk meredakan rasa nyeri dan kram perut. Pastikan juga Moms mempunyai waktu untuk istirahat yang cukup, dan menjaga kesehatan fisik dan emosional. Kalau terserang demam atau merasakan nyeri, Moms bisa mengonsumsi Biogesic ya, karena Biogesic mengandung 500 mg Paracetamol yang bekerja sebagai penurun panas (antipiretik) dan pereda nyeri (analgesik), sehingga aman dikonsumsi ibu hamil dan menyusui jika diminum sesuai indikasi dan aturan pakai.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga