Gejala & Cara Mengembalikan Indra Penciuman Hilang / Anosmia

Website Biogesic Indonesia
Kenali Lebih Jauh tentang Indra Penciuman Hilang atau Anosmia
12 August 2021
Kenali Lebih Jauh tentang Indra Penciuman Hilang atau Anosmia

Mengalami indra penciuman hilang atau yang disebut juga sebagai anosmia dalam istilah kedokteran memang bisa membuat tidak nyaman. Saat anosmia, penderita tidak dapat mencium bau apapun, hingga bau yang menyengat sekalipun. Misalnya, aroma kopi atau wangi minyak kayu putih yang dikenal memiliki bau yang cukup kuat, tidak akan tercium oleh penderita anosmia.

Penyebab indra penciuman hilang memang bisa bermacam-macam. Namun, saat ini anosmia lebih dikenal sebagai salah satu gejala unik COVID 19. Walaupun begitu, indra penciuman hilang tak hanya karena COVID 19 saja. Saat terkena flu, penderitanya juga bisa kehilangan kemampuan mencium bau. Selain itu, alergi juga bisa menimbulkan reaksi yang serupa. Umumnya, hal ini dapat berlangsung hingga flu mereda atau tidak lagi terpapar alergen.

Walaupun sama-sama anosmia, namun penderita flu tidak bisa mencium bau karena rongga hidung tersumbat oleh lendir akibat flu. Dikarenakan hidung tersumbat, maka otomatis indra penciuman hilang hingga flu mereda. Sementara, penderita COVID 19 yang tidak bisa mencium aroma umumnya masih dapat bernapas seperti biasa tanpa disertai ingus, namun perlu diwaspadai karena saturasi oksigen dapat menurun. Hal ini disebabkan virus bersifat merusak sel dan menyerang saraf yang mengatur tubuh mengenali bau. Jika saraf ini rusak, maka bukan tidak mungkin orang yang terpapar virus COVID 19 tidak bisa kembali mencium bau seperti semula.

Banyak yang mengira bahwa anosmia ditandai hanya dengan berkurangnya fungsi penciuman, namun ternyata ada beberapa gejala lainnya. Untuk mendeteksi dini dari rumah, perhatikan gejala anosmia di bawah ini:

Saat mengalami anosmia, sakit kepala juga dapat muncul karena adanya tekanan di rongga hidung yang merambat hingga ke kepala. Untuk meringankannya, dapat mengonsumsi pisang, kafein, atau meminum Biogesic yang dapat meredakan nyeri kepala hingga menurunkan demam.

  • Rongga hidung tersumbat

Virus COVID 19 menyerang saraf dan menyebabkan peradangan pada rongga hidung. Hal ini bisa menyebabkan hidung tersumbat walaupun tidak ada ingus. Jika disebabkan oleh flu, rongga hidung akan penuh dengan ingus yang harus dikeluarkan agar pernapasan lebih lega.

  • Suara berubah

Seperti halnya flu biasa, saat mengalami anosmia kemungkinan suara berubah karena penyumbatan pada rongga hidung.

  • Tidak bisa mencium aroma

Mulai dari aroma makanan hingga bau yang menyengat seperti minyak kayu putih ataupun kopi umumnya tidak dapat tercium oleh penderita anosmia. Hal ini juga bisa menjadi penyebab berkurangnya nafsu makan karena tidak dapat mencium atau merasakan makanan favorit.

  • Kekurangan zinc

Saat anosmia, tubuh juga mengalami defisiensi zinc yang berfungsi memperkuat daya tahan tubuh. Oleh karena itu, disarankan pula untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc saat indra penciuman hilang.

Sebenarnya, terdapat beberapa cara mengembalikan indera penciuman yang hilang. Cara-cara ini dapat membantu penderita anosmia agar mampu mencium bau seperti semula. Saat indra penciuman hilang, Moms dapat melakukan:

  • Terapi mencium aroma

Jika Moms, keluarga, atau kerabat terpapar COVID 19 dan sedang melakukan isolasi mandiri di rumah, jangan lupa untuk melakukan terapi mencium aroma. Gunakan bahan-bahan dengan bau menyengat, seperti minyak kayu putih, mint, mawar, cengkih, lemon, minyak eucalyptus, atau bubuk kopi. Hirup beberapa saat dan lakukan setiap hari sebagai salah satu cara mengembalikan penciuman yang alami.

  • Minum air jahe

Secara alami, jahe merupakan salah satu bahan yang bisa meredakan peradangan. Selain itu, wangi jahe yang cukup menyengat juga bisa dijadikan terapi untuk mencium aroma.

  • Bersihkan dengan saline

Jika anosmia disebabkan oleh alergi atau adanya penyumbatan sinus, maka melakukan pembersihan rongga hidung tersumbat dengan larutan saline bisa membantu. Larutan saline dapat membantu mengeluarkan alergen dan sisa ingus di rongga hidung yang terinfeksi.

Anosmia dapat sembuh dengan melakukan cara mengembalikan indera penciuman yang hilang secara rutin. Setidaknya, indra penciuman hilang dapat berangsur kembali dalam waktu satu atau dua minggu. Pastikan untuk melatih penciuman serta menghindari alergen yang menjadi salah satu penyebab indra penciuman hilang.

Agar lekas pulih dari COVID 19, konsumsi makanan bergizi, meminum vitamin, minum obat demam seperti Biogesic Tablet, dan melakukan vaksin COVID bila sudah memenuhi syarat agar terhindar dari virus COVID 19 hingga varian Delta yang baru. Selalu sedia Biogesic di rumah, beli sekarang via online supaya tetap aman di rumah dan keluarga sehat.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga