Nyeri Haid Berlebihan Jadi Salah Satu Pemicu Sensi

Website Biogesic Indonesia
Nyeri Haid Berlebihan Jadi Salah Satu Pemicu Sensi
02 May 2023
Nyeri Haid Berlebihan Jadi Salah Satu Pemicu Sensi

Nyeri haid yang berlebihan sering terjadi saat menstruasi. Namun saat menstruasi, tidak hanya gejala fisik yang dirasakan namun juga gejala emosional seperti lebih sensitif dan juga mudah mengalami perubahan pada suasana hati. 

Nyeri haid yang berlebihan adalah salah satu faktor pemicu terjadinya sensi pada wanita saat menstruasi. Untuk itu, mari kita simak pemicu sensi saat menstruasi berikut ini: 

  1. Terjadinya perubahan hormon

Perubahan hormon pada wanita saat menstruasi sebenarnya menjadi salah satu alasan yang menyebabkan wanita cenderung lebih sensitif dari biasanya. Dalam tubuh wanita, terdapat hormon estrogen yang fluktuatif di dalam tubuh yang memainkan peran penting terhadap kondisi tersebut. Ketika fase ovulasi, hormon estrogen di dalam tubuh akan mencapai kadar yang paling tinggi. Namun jika pada fase tersebut tidak terjadi pembuahan, maka tubuh akan memasuki fase dimana kadar estrogen menurun drastis sebelum pada akhirnya meningkat lagi. 

Tidak semua wanita memiliki efek yang sama dari hormon estrogen, namun biasanya hormon ini yang mempengaruhi perubahan sikap pada wanita sehingga lebih sensitif dan juga sangat mudah mengalami perubahan pada suasana hati. 

  1. Faktor eksternal

Faktor lainnya yang menyebabkan terjadinya pemicu sensi saat menstruasi adalah faktor eksternal seperti cuaca buruk yang dapat mempengaruhi perubahan emosi pada saat menstruasi. Faktanya, cuaca yang mendung bisa membuat seseorang menjadi lebih galau, sedih, atau merasa kesepian saat menstruasi. Hal tersebut yang tentunya akan memicu gejala sensi atau mood swing saat menstruasi. 

  1. Nyeri haid berlebihan

Nyeri haid yang berlebihan tentunya sangat membuat para wanita menjadi merasa sangat terganggu saat menstruasi. Bukan hanya mengalami gejala nyeri pada bagian perut dan pinggang, namun nyeri haid yang berlebihan juga dapat memicu terjadinya sensi saat menstruasi. Biasanya nyeri haid yang berlebihan membuat para wanita menjadi mudah marah dan terganggu. Adanya faktor kesakitan yang dirasakan membuat wanita menjadi merasa hal yang sangat mengganggu dirinya. Terlebih jika saat nyeri itu terjadi, ada faktor lain yang membuat suasana hati menjadi tidak baik. 

  1. Pola makan yang tidak sehat

Mengkonsumsi banyak makanan tidak sehat saat menstruasi dapat menyebabkan tubuh kekurangan kandungan gizi di dalamnya. Pola makan yang tidak sehat tentunya dapat membuat suasana hati menjadi lebih emosional. Untuk itu, sangat penting mengkonsumsi makanan yang memiliki asupan gizi yang lengkap dan cukup untuk mencegah pemicu terjadinya sensi saat menstruasi. 

 

  1. Tubuh kurang istirahat

Pemicu sensi saat menstruasi yang terakhir biasanya disebabkan oleh tubuh yang kurang istirahat. Ketika tingkat hormon menurun, tubuh cenderung menjadi tidak nyaman dan mengalami kesulitan untuk tidur. 

Pentingnya menjaga mood saat menstruasi

Dengan adanya pemicu di atas, kita juga bisa mengatasinya dengan menjaga mood saat menstruasi. Mencoba untuk mengendalikan mood memang bukanlah hal yang mudah, namun dengan mengendalikan mood saat menstruasi, itu dapat membuat suasana hati kita menjadi lebih tenang dan terjaga saat menstruasi. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga mood agar tetap baik saat menstruasi:

  1. Rutin melakukan olahraga. Dengan berolahraga, maka tubuh Anda akan lebih bergerak aktif dan membantu menurunkan risiko perubahan suasana hati saat menstruasi. Cukup lakukan olahraga ringan selama menstruasi, setidaknya 30 menit sehari.
  2. Memperbanyak asupan cairan pada tubuh seperti banyak mengkonsumsi air putih atau jus. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi rasa kembung atau gejala lainnya saat menstruasi.
  3. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein seperti kopi, cokelat, minuman soda, dan sebagainya.
  4. Berhenti merokok
  5. Hindari mengkonsumsi minuman alkohol
  6. Isi waktu luang dengan segala hal yang bisa membuat suasana hati menjadi jauh lebih baik dengan melakukan aktivitas yang disukai.
  7. Hindari stress berlebihan. Stress yang tidak diatur dengan baik dapat membuat perubahan suasana hati menjadi lebih buruk.

Itulah beberapa hal yang menjadi pemicu sensi saat menstruasi. Hal-hal di atas bisa kamu lakukan dengan mencegahnya. Buat suasana hati membaik dengan melakukan aktivitas yang kamu sukai dan jika gejala menstruasi yang kamu rasakan sudah sangat mengganggu, segera lakukan pengecekan lebih lanjut dan bertanya pada ahlinya

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga