5 Cara Ampuh Meredakan Nyeri Haid | Biogesic

Website Biogesic Indonesia
5 Cara Ampuh Menangani Nyeri Haid
19 August 2020
5 Cara Ampuh Menangani Nyeri Haid

Hari pertama dan kedua datang bulan alias haid terkadang memang bisa sangat menyiksa bagi sebagian wanita. Belum lagi bagi Moms yang bekerja dan harus melakukan aktivitas seharian demi karier dan keluarga. Salah satu kondisi yang mungkin timbul adalah rasa sakit atau nyeri pada bagian perut bawah ketika haid datang. Sebenarnya kondisi ini wajar ya Moms, tapi bisa menimbulkan situasi tidak nyaman dan membuat konsentrasi hilang sehingga aktivitas tidak bisa dijalankan secara maksimal. Lalu, bagaimana cara ampuh menangani nyeri haid ini secara aman?

 

Cara Ampuh Menangani Nyeri Haid yang Datang Menyiksa

Sebelum mengetahui cara ampuh menangani nyeri haid dengan tepat, kamu perlu mengetahui dulu penyebab timbulnya kondisi ini ya. Mengutip dari media Kompas Health, otot dinding rahim wanita sebenarnya setiap saat mengalami kontraksi, tapi bisa menjadi semakin kencang saat haid karena adanya proses meluruhkan pembuluh darah yang menebal pada dinding rahim, sehingga menimbulkan rasa nyeri.

 

Di samping itu, rasa nyeri juga dipicu pengeluaran zat kimia prostaglandin pada tubuh sehingga pergerakan kontraksi pada rahim semakin kuat. Zat kimia yang satu ini juga menimbulkan beberapa gejala lainnya seperti kram perut, mual, lemas, diare, bahkan sakit kepala.

 

Yuk, coba dulu beberapa cara mudah dan alami berikut yang langsung bisa Moms lakukan agar nyeri tidak semakin menyiksa:

 1. Kompres pakai air hangat

Cara yang satu ini mungkin sudah sering Moms dengar turun temurun dari orang tua. Nyatanya, cara tradisional tidak selalu ketinggalan zaman kok! Mengompres perut bagian bawah pakai air hangat memang bisa membuat otot di sekitar abdomen lebih relaks, perlahan bisa mengurangi atau menyembuhkan rasa nyeri yang muncul saat haid. Moms bisa pilih mau menggunakan handuk atau botol. Misalnya, membasahi atau merendam handuk ke air hangat, lalu diperas dan ditempelkan di bagian yang nyeri. Sedangkan untuk botol, Moms bisa mengisi botol (sebaiknya botol kaca) dengan air hangat dan menempelkan pada bagian yang nyeri.

 2. Lakukan gerakan olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan nyatanya sangat berguna untuk memperlancar peredaran darah yang baik untuk tubuh, lho. Lakukanlah gerakan-gerakan kecil peregangan tubuh dalam waktu yang cenderung rutin. Misalnya, dengan gerakan pelvic tucks, serupa dengan push up tapi hanya pinggul yang naik turun. Bisa juga dengan gerakan meluruskan kaki dan pegang ujung kaki sambil membungkukkan badan. Dengan beberapa cara ini, rasa nyeri pada perut ketika haid akan membaik.

 3. Perbanyak minum air hangat

Saat sedang haid, memang tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan daripada biasanya. Maka dari itu, Moms perlu lebih memerhatikan takaran air putih yang dikonsumsi. Demi memberikan rasa yang lebih nyaman pada bagian perut yang nyeri, ada baiknya Moms mengonsumsi air hangat. Meminum air hangat juga bisa meredakan stres dan gejala flu yang kerap mengikuti saat haid, lho.

 4. Minum jamu kunyit asam

Dikutip dari Turmeric for Health, kunyit bersifat analgesik yang bekerja mengurangi nyeri. Tak hanya itu, kandungan kurkumin dalam kunyit juga mampu menghambat produksi hormon prostaglandin. Rebuslah 20 gram kunyit bersama dengan 600 cc air. Tunggu sampai air menjadi setengah, barulah saring ramuan tersebut. Minum jamu kunyit tersebut saat masih hangat secara teratur dua kali per hari.

 5. Konsumsi obat pereda nyeri

Jika memang sudah sangat tidak kuat menahan rasa nyeri, mengonsumsi obat pereda nyeri juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Pilihlah obat terbaik yang mengandung formulasi berkualitas untuk tubuhmu, ya. Biogesic obat yang cocok, mengandung paracetamol yang bekerja sebagai penurun panas (antipiretik) dan pereda nyeri (analgesik). Di dalam Biogesic terkandung 500 mg paracetamol sehingga aman untuk ibu hamil dan menyusui. Dalam menurunkan demam, kandungan paracetamol pada Biogesic akan bekerja pada hipotalamus otak untuk mengatur suhu tubuh. Konsultasikan juga dengan dokter jika memang rasa nyeri tak kunjung reda agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Jangan lupa untuk menerapkan cara ampuh menangani nyeri haid di atas yang praktis sebagai pertolongan pertama kamu ya, Moms. Atur pola makan sehat dan istirahat teratur serta cukup agar kesehatan tubuh selalu terjaga, aktivitas pun selalu lancar!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga