Saat Haid Tidak Boleh Minum Es, Mitos Atau Fakta? - Biogesic

Website Biogesic Indonesia
Saat Haid Tidak Boleh Minum Es, Apakah Ini Mitos Atau Fakta?
23 December 2021
Saat Haid Tidak Boleh Minum Es, Apakah Ini Mitos Atau Fakta?

Larangan saat haid yang mungkin paling sering Moms dengar adalah tidak boleh minum es. Memang, masih banyak simpang siur di masyarakat tentang makanan dan minuman yang dilarang saat haid tanpa informasi jelas serta tanpa bukti ilmiah yang mendukung. Misalnya tidak boleh makan timun, makan pedas, minum kopi, dan masih banyak lagi. Lantas, bagaimana dengan minum es?

 

Benarkah haid tidak boleh minum es?

Larangan saat haid tidak boleh minum es dilandasi anggapan bahwa hal ini dapat menghambat siklus haid. Bahkan, es tersebut dapat menggumpalkan darah sehingga menyebabkan sakit perut saat haid. Perlu diketahui, haid bisa dikatakan salah satu proses dalam tubuh wanita yang menakjubkan. Setiap bulan wanita memproduksi sel telur, lalu dinding rahim juga mempersiapkan diri untuk kehadiran calon janin dengan cara membuat lapisan. Apabila sel telur tersebut tidak dibuahi, baik sel telur dan lapisan dinding rahim meluruh dan dibuang melalui vagina yang disebut dengan darah haid. Air es memang mampu merangsang penyempitan pembuluh darah sehingga mengurangi perdarahan. Akan tetapi, ini hanya berlaku untuk pemakaian luar seperti saat menggunakan kompres air dingin. Darah haid bukanlah darah yang keluar karena ada luka di dalam tubuh, melainkan karena luruhnya lapisan dinding rahim tersebut.

 

Fakta tentang minum es saat haid

Secara umum, tidak ada kaitan antara minum air es dengan gejala atau sebagai penyebab haid tidak teratur. Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa minum air es atau dingin dapat memberi dampak buruk pada wanita haid. Banyak minum air putih, baik itu air biasa, air es, atau air hangat, justru dianjurkan selama haid untuk mencegah dehidrasi. Tidak hanya itu, minum air putih juga dapat membantu meringankan gejala umum haid, seperti kram perut, nyeri haid, perut kembung, dan sakit punggung.

 

Jenis minuman yang dilarang saat haid

Siklus haid diatur dan sangat dipengaruhi berbagai hormon, terutama estrogen dan progesteron. Keseimbangan hormon-hormon ini sangat dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mental. Nyeri saat haid atau penyebab haid tidak teratur lebih karena adanya gangguan keseimbangan hormon tersebut dan faktor-faktor seperti kelelahan, stres berlebihan, dan olahraga berat. Nah, akan lebih baik menghindari beberapa minuman berikut ini karena secara ilmiah sudah terbukti mengganggu keseimbangan hormon tubuh:

 

  • Efek buruk kafein pada kopi

Minum kopi saat haid sangat tidak dianjurkan. Dalam satu cangkir kopi hitam seduh (kopi tubruk) mengandung sekitar 95-200 mg kafein. Zat ini bekerja menyempitkan pembuluh yang menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh jadi tidak lancar. Kemudian, kurangnya aliran darah ke otot rahim perut akan memotong suplai oksigen yang bisa menyebabkan rasa sakit dan kram perut semakin parah.

 

  • Efek buruk gula pada minuman soda

Batasi minum soda saat haid mulai sekarang juga. Tidak hanya saat haid, minuman bersoda bisa meningkatkan risiko diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan gula pada minuman soda yang cukup tinggi. Pada wanita, kandungan gula yang berlebihan juga dapat memengaruhi hormon estrogen jadi tidak seimbang serta menurunkan tingkat kesuburan.

 

  • Efek buruk alkohol

Konsumsi alkohol tidak hanya dapat mengganggu keseimbangan hormon estrogen, tapi juga menyebabkan dehidrasi. Hal ini akhirnya memicu wanita lebih rentan terhadap kram. Terlebih lagi, mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan rasa sakit perut saat haid yang lebih intensif serta menjadi penyebab pusing saat haid.

 

Minuman yang baik untuk dikonsumsi saat haid

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, air putih merupakan minuman terbaik untuk dikonsumsi saat haid serta sehari-hari. Moms bisa menambahkan variasi minuman seperti smoothies buah dan sayur, teh herbal, atau air kelapa. Smoothies buah dan sayur baik dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, terutama saat haid. Sementara itu, teh herbal diyakini memiliki manfaat utama membuat otot tubuh lebih relaks, sehingga menjadi salah satu cara mengurangi nyeri haid alami yang baik. Saat haid minum air kelapa juga menjadi rekomendasi, karena di dalam kelapa mengandung senyawa fitoestrogen yang mirip dengan hormon estrogen pada tubuh dan mengembalikan keseimbangannya.

 

Apabila mengalami gejala nyeri saat haid, sebaiknya Moms segera konsumsi Biogesic. Mengandung 500mg paracetamol, Biogesic cocok menjadi obat untuk wanita haid yang aman dengan manfaat meredakan sakit kepala, sakit gigi, demam, nyeri haid, dan nyeri otot. Obat dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, dan secara praktis bisa Moms beli di sini. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan mengecek dulu kebenaran di balik mitos seputar haid, ya!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga