Obat Demam Dapat Dikonsumsi Apabila Anak Mengalami 4 Hal ini!

Website Biogesic Indonesia
Obat Demam Dapat Dikonsumsi Apabila Anak Mengalami 4 Hal ini!
04 May 2023
Obat Demam Dapat Dikonsumsi Apabila Anak Mengalami 4 Hal ini!

Obat demam seringkali menjadi solusi pertama untuk para orang tua apabila anaknya demam. Demam seringkali membuat keresahan pada orang tua karena saat demam, anak biasanya lebih rewel, gelisah, bahkan kejang apabila suhunya terlalu tinggi. Hal tersebut membuat banyak orang tua langsung memberikan obat penurun demam saat anak mengalami demam. Padahal, semua kondisi demam pada anak belum tentu membutuhkan obat penurun demam

Sebagian anak yang mengalami demam tidak harus selalu diberikan obat penurun demam, pada kondisi demam yang ringan beberapa orang tua juga bisa melakukan banyak hal untuk menurunkan demam dengan cara yang alami. Namun jika demam semakin tinggi dan belum reda, orang tua perlu memberikan obat penurun demam pada anak. Berikut tanda anak harus mengkonsumsi obat demam:

  1. Demam tinggi, lebih dari 39 derajat celcius

Pada kondisi ini, tentu setiap orang tua merasa panik apabila sang buah hati mengalami demam hingga panas 39 derajat. Suhu normal pada tubuh anak umumnya adalah 37 derajat Celcius dan bisa dikatakan demam apabila suhunya sudah sedikit diatas 38. Namun apabila suhu anak mencapai 39 derajat, maka anak sudah dalam kategori kondisi demam tinggi.

Demam tinggi terjadi akibat respon tubuh yang melawan infeksi seperti batuk dan pilek. Tidak hanya itu namun penyakit lainnya seperti radang, cacar, dan lainnya juga bisa menjadi faktor pemicu demam. Penanganan demam tinggi pada anak bisa dilakukan dengan cara-cara seperti berikan cairan yang cukup seperti mengkonsumsi banyak air putih, kompres anak dengan air hangat, perbanyak istirahat, dan berikan obat paracetamol yang cocok dan aman untuk anak. Carilah obat demam yang mengandung paracetamol dan sudah terverifikasi oleh BPOM. Jangan berikan obat demam yang tidak memiliki keamanan dan kandungan yang jelas karena bisa memperburuk keadaan sang buah hati.

  1. Kejang demam

Kejang demam atau yang biasa dikenal dengan istilah step pada anak adalah hal yang kerap terjadi pada anak di kondisi demam yang tinggi. Kejang demam terjadi karena adanya kenaikan suhu tubuh yang disebabkan oleh proses yang terjadi di luar sistem saraf pada otak. Kejang demam biasanya terjadi pada anak berusia antara 6 bulan hingga 6 tahun. Kejang ini dapat berlangsung selama beberapa detik hingga 15 menit pada umumnya. Anak akan mengalami kejang demam apabila suhu pada tubuh mencapai di angka 40 derajat Celcius. 

Untuk itu, dalam penanganannya orang tua perlu memperhatikan hal-hal berikut apabila sang buah hati mengalami kejang demam:

  1. Tenang dan jangan panik dalam menghadapinya
  2. Posisikan anak terlentang dengan kepala miring
  3. Jangan gunakan pakaian yang ketat pada anak terutama pada bagian sekitar leher 4. Selalu ukur suhu pada anak
  4. Catat lama dan bentuk kejang pada anak
  5. Berikan obat demam setelah kejang mereda untuk meredakan suhu pada tubuh

anak. Jangan saat anak mengalami kejang

  1. Jika kejang berangsur lebih dari 5 menit, segera bawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat
  2. Anak mulai tidak nyaman dengan kondisi demam

Ketika anak mulai tidak nyaman dengan kondisi demam, rewel, dan mudah menangis. Segera berikan kompres dan obat demam untuk menurunkan demam yang mengganggu pada anak. Berikan obat penurun demam seperti paracetamol dengan catatan dosis obat sudah disesuaikan dengan usia dan berat badan anak atau konsumsi obat sesuai dengan petunjuk penggunaan yang sudah tertera pada kemasan obat. 

  1. Sesak nafas saat mengalami demam

Pada saat demam, metabolisme tubuh secara signifikan akan meningkat diikuti dengan peningkatan denyut nadi dan frekuensi nafas. Apabila saat mengalami demam sang anak mengalami sesak nafas, bisa jadi hal tersebut dikarenakan adanya penumpukan cairan pada pleura. Sebagai penanganan pertama, cobalah untuk melakukan terapi dengan menghirup uap panas yang diletakkan pada wadah atau baskom. Selain itu istirahat yang cukup dan konsumsi obat demam paracetamol yang sesuai dengan anjuran dokter   dengan petunjuk penggunaan yang tepat. 

Perlu diingatkan, saat memberikan obat demam untuk anak, orang tua juga tetap perlu memperhatikan hal-hal penting seperti keamanan pada obat demam yang diberikan.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga