Apa Perbedaan Demam Biasa dengan Demam Alergi?

Website Biogesic Indonesia
Demam Biasa dan Demam Alergi, Sama atau Tidak?
30 September 2021
Demam Biasa dan Demam Alergi, Sama atau Tidak?

Banyak yang berpikir bahwa demam merupakan salah satu penyakit, layaknya flu atau batuk. Selain demam biasa karena flu atau radang tenggorokan, Si Kecil bisa jadi tidak enak badan dan suhu badannya meningkat karena mengalami demam alergi yang dipicu oleh alergen. Mulai dari alergi dingin, debu, makanan, atau serbuk bunga bisa menjadi pemicu demam karena alergi ini.

Namun, terkadang sulit membedakan demam biasa dan demam alergi karena sama-sama ditandai oleh meningkatnya suhu tubuh Si Kecil. Tetapi tenang saja, Moms bisa mengetahui penyebabnya dengan melihat gejala penyerta demam. Jika Si Kecil demam tanpa sebab yang jelas, seperti misalnya flu atau radang, maka Moms bisa mengecek apakah ia terpapar alergen. Misalnya, apakah Si Kecil terpapar suhu dingin jika ia memiliki riwayat alergi dingin, dan seterusnya. Maka dari itu, Moms harus mengetahui dengan jelas apa saja yang jadi penyebab alergi pada buah hati, ya.

Walaupun demam alergi bisa muncul, tetapi sebenarnya alergi bukanlah penyebab utama demam. Kondisi tubuh yang terpapar alergen bisa menimbulkan infeksi, seperti pada area sinus sehingga suhu tubuh meningkat. Selain itu, demam adalah sebuah reaksi sistem imun untuk melawan infeksi, seperti virus, jamur, bakteri, atau parasit pembawa penyakit di dalam tubuh.

Umumnya, demam karena alergi seperti alergi dingin, disertai juga oleh gejala lain, seperti hidung meler atau tersumbat, bersin-bersin, mata berair, batuk, napas sesak, ruam kulit, pusing dan mual, serta terasa gatal pada kulit, mata, dan hidung. Beberapa tanda ini merupakan gejala umum alergi namun dalam kondisi yang cukup parah bisa menyebabkan infeksi sehingga terjadi peningkatan suhu tubuh.

Oleh karena itu, Moms perlu mencermati apa saja gejala yang muncul agar bisa membedakan sakit demam biasa dan demam alergi. Jika demam biasa, maka penyebab umumnya adalah flu atau radang serta suhu tubuhnya meningkat dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu, biasanya demam alergi hanya muncul saat terpapar alergen saja, namun akan mereda jika alergen tidak lagi berada di sekitarnya.

Agar suhu tubuh Si Kecil kembali normal karena demam alergi, Moms dapat memberikan obat demam, seperti Biogesic Anak yang mengandung Paracetamol 160mg yang aman diberikan sesuai anjuran untuk buah hati. Biogesic Anak berbentuk sirup dengan rasa jeruk dan tanpa rasa pahit ini dapat membantu menurunkan demam, sebagai pereda nyeri dan sakit kepala, serta sakit gigi. Selain itu jangan lupa, hindarkan ia dari penyebab alerginya atau memberikan makanan penurun panas, seperti air kelapa, madu, sup ayam, jahe, atau buah-buahan.

Saat Si Kecil mengalami demam, Moms tak perlu repot keluar rumah untuk membeli obat Beli Biogesic lebih mudah dan praktis di toko online saja. Moms bisa lebih maksimal merawat Si Kecil di rumah, deh. Jaga selalu kesehatan anak dan sedia Biogesic di rumah untuk pertolongan pertama pereda demam dan nyeri. Beli sekarang di sini, ya!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga