Apa Penyebab Radang Tenggorokan Pada Anak? Ini Jawabannya! - Biogesic

Website Biogesic Indonesia
Kenali Jenis Radang Tenggorokan pada Anak dan Cara Mengatasinya!
20 December 2021
Kenali Jenis Radang Tenggorokan pada Anak dan Cara Mengatasinya!

Kesehatan Si Kecil merupakan salah satu hal terpenting yang wajib dijaga oleh Moms. Tak hanya harus mengetahui beberapa gejala yang muncul, namun Moms juga disarankan untuk mencari tahu apa saja yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama sebelum melakukan pengecekan ke dokter. Salah satu yang mungkin saja terlewatkan oleh Moms adalah radang tenggorokan pada anak.

 

Umumnya, radang tenggorokan dianggap hanya karena Si Kecil memakan terlalu banyak es atau makanan manis yang merupakan dua contoh makanan penyebab radang tenggorokan. Tetapi, sebenarnya sakit tenggorokan dapat memiliki beberapa tingkatan dan Si Kecil dapat mengalami demam karena radang tenggorokan walaupun tidak selalu terjadi. Demam karena radang tenggorokan biasanya disertai dengan gejala penyakit lain.

 

Gejala radang tenggorokan pada anak

Saat Si Kecil mulai mengalami radang tenggorokan, umumnya ada beberapa ciri-ciri radang tenggorokan yang bisa dicek, seperti:

  • Nyeri tenggorokan
  • Demam saat radang
  • Kelenjar pada leher membengkak
  • Sakit tenggorokan saat menelan
  • Kemerahan pada ujung rongga mulut

 

Penyebab radang tenggorokan

Sebelum memasuki bagian mengobati radang tenggorokan, Moms harus mengetahui penyebab radang tenggorokan. Hal ini akan sangat membantu untuk menentukan pengobatan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan hingga ke akarnya.

1. Radang tenggorokan karena virus

Salah satu jenis sakit tenggorokan yang muncul pada anak disebabkan oleh infeksi tenggorokan karena virus. Umumnya, radang tenggorokan karena virus ini merupakan salah satu gejala yang muncul karena penyakit lain, seperti selesma atau common cold. Maka dari itu, wajar bila sakit tenggorokan jenis ini diiringi dengan demam, pusing, hidung mampet atau meler, bersin-bersin, atau batuk ringan.

2. Sakit tenggorokan karena bakteri

Sakit tenggorokan akibat streptokokus merupakan infeksi tenggorokan karena bakteri dan biasanya ditandai dengan tonsil yang membengkak. Inflamasi dapat memengaruhi bagian di sekitar tenggorokan pula. Radang tenggorokan karena bakteri ini umum dialami oleh anak-anak di usia sekolah, namun tak menutup kemungkinan terjadi mulai usia 3 tahun serta bisa menyebabkan demam juga. Bedanya dengan yang disebabkan dengan virus, sakit tenggorokan akibat streptokokus ditandai dengan munculnya bercak kemerahan atau putih pada tenggorokan, nyeri perut, hingga muntah.

 

Cara mengatasi radang tenggorokan

Setelah mengetahui jenis sakit tenggorokan yang menyerang Si Kecil, Moms dapat melakukan beberapa cara meredakan sakit tenggorokan. Jika Si Kecil mengeluhkan tenggorokan sakit saat menelan dan demam, sebaiknya amati terlebih dahulu ciri-ciri radang tenggorokan. Bila sakit tenggorokan disebabkan virus, hindari memberikan antibiotik karena obat tersebut tidak dapat membunuh virus. Sebaiknya, istirahatkan Si Kecil dengan cukup dan perbanyak minum air putih. Lalu, jika Si Kecil sakit tenggorokan karena bakteri strep, Moms dapat membawanya ke dokter dan minum antibiotik sesuai resep untuk membunuh bakterinya.

 

Apakah radang tenggorokan menular?

Sebagian besar radang tenggorokan dapat menular ke orang lain. Virus atau bakteri dapat menyebar melalui udara dan cairan, atau dari tangan orang yang sedang terkena radang tenggorokan. Jadi, sebaiknya ajarkan Si Kecil untuk selalu mencuci tangan, menghindari kontak, hingga berbagi makanan atau peralatan makan, terutama jika berada di sekitar orang dewasa yang sakit tenggorokan.

 

Apa yang tidak dapat dimakan saat radang tenggorokan?

Saat Si Kecil mulai menunjukkan ciri-ciri radang tenggorokan, sebaiknya hindari minuman dingin, manis, hingga gorengan. Perbanyak minum air putih hangat dan pastikan untuk meminum obat jika diberikan resep oleh dokter untuk mempercepat kesembuhan.

 

Saat Si Kecil mengalami tenggorokan sakit saat menelan dan demam, berikan pertolongan pertama sebagai salah satu cara menurunkan demam dengan Biogesic Anak. Dengan rasa jeruk yang disukai Si Kecil, Biogesic Anak merupakan paracetamol sirup yang mengandung 160 mg paracetamol untuk meredakan nyeri dan demam. Beli di sini sekarang untuk selalu jaga kesehatan Si Kecil agar terhindar dari demam karena radang tenggorokan serta nyeri.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga