Manfaat Mengkonsumsi Paracetamol! Salah Satunya Sebagai Obat Demam!

Website Biogesic Indonesia
Manfaat Mengkonsumsi Paracetamol! Salah Satunya Sebagai Obat Demam!
05 May 2023
Manfaat Mengkonsumsi Paracetamol! Salah Satunya Sebagai Obat Demam!

Obat demam yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat salah satunya adalah paracetamol. Paracetamol adalah salah satu obat yang dijual dikalangan dan paling sering dikonsumsi. Fungsi utama pada obat ini adalah mengatasi demam dan meringankan nyeri, mulai dari nyeri pinggang hingga lainnya. Paracetamol sudah menjadi obat umum yang paling sering digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi banyak kondisi kesehatan dengan gejala ringan. Untuk itu, mari kita ketahui apa saja manfaat paracetamol di bawah ini:

1. Paracetamol sebagai obat demam

Demam merupakan sebuah gejala yang disebabkan dari beberapa kondisi seperti infeksi, dehidrasi, dan lainnya. Manfaat paracetamol yang utama dan pertama ialah sebagai obat penurun demam. Dilansir dari beberapa sumber, parasetamol memiliki sifat antipiretik yang mampu menurunkan demam pada anak maupun orang dewasa. Di dalam paracetamol, terdapat kandungan yang diduga dapat meningkatkan suhu tubuh dengan cara mempengaruhi hipotalamus di otak. Paracetamol diyakini sebagai salah satu obat yang paling umum digunakan sebagai obat penurun demam. Paracetamol tersedia dalam beberapa jenis mulai dari tablet, sirup, drop, dan lainnya.

Dalam tugasnya sebagai obat penurun demam, penggunaan dosis pada paracetamol juga harus selalu diperhatikan. Penggunaan dosis yang tidak sesuai akan mempengaruhi efektifitas paracetamol. Setiap parasetamol memiliki efek samping yang berbeda-beda dengan efek kerja kurang lebih setelah 1 jam setelah dikonsumsi.

2. Meredakan nyeri ringan hingga sedang

Paracetamol merupakan obat bebas resep yang sering digunakan. Selain bermanfaat untuk menurunkan demam, paracetamol juga dikenal manfaatnya sebagai obat yang mampu meredakan nyeri mulai dari nyeri ringan hingga sedang secara cepat dan efektif di beberapa kondisi kesehatan, seperti:

  1. Sakit kepala ringan hingga sedang
  2. Nyeri otot
  3. Sakit gigi
  4. Sakit punggung
  5. Radang sendi
  6. Nyeri haid saat menstruasi

Paracetamol mampu menurunkan intensitas sakit ke otak dan menghentikan pelepasan zat yang prostaglandin yang bisa meningkatkan rasa sakit dan suhu tubuh. Dikutip dari beberapa sumber, paracetamol membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam setelah dikonsumsi untuk bekerja secara efektif meredakan nyeri di dalam tubuh dan akan terus bekerja hingga 5 jam setelah dikonsumsi. Pada umumnya, rasa nyeri bisa berkurang dalam ketentuan waktu tersebut. Meski tidak memiliki efek samping yang berat, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi paracetamol dengan dosis yang berlebihan atau bersamaan dengan obat lain yang juga mengandung paracetamol di dalamnya.

3. Mengendalikan kadar gula darah

Selain sebagai obat demam dan pereda nyeri, paracetamol juga dipercaya bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah serta menjaga fungsi otot. Paracetamol juga dipercaya dapat melindungi kesehatan pada jantung serta otak. Hal itu dikarenakan parasetamol memiliki sifat antioksidan di dalamnya.

Selain manfaatnya di atas, tetap perhatikan beberapa hal sebelum mengkonsumsi paracetamol:

  1. Selalu ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat atau yang sudah dianjurkan oleh dokter saat mengkonsumsi obat ini.
  2. Hindari mengkonsumsi obat lebih banyak dari dosis yang telah dianjurkan. Karena mengkonsumsi paracetamol secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada hati atau ginjal.
  3. Jangan konsumsi paracetamol bersamaan dengan obat lain yang juga mengandung paracetamol di dalamnya.
  4. Berhenti konsumsi paracetamol apabila merasakan demam yang tidak kunjung reda setelah 3 hari penggunaan dan nyeri setelah 7 hari mengkonsumsi.
  5. Pilihlah paracetamol dengan efek samping yang ringan dan sedikit.
  6. Bicarakan dan konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi paracetamol apabila pernah mengalami reaksi alergi parasetamol, memiliki masalah hati atau ginjal, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, atau sedang mengkonsumsi obat lain.
  7. Apabila ingin memberikan paracetamol untuk anak-anak, pastikan kamu memilih paracetamol khusus untuk anak-anak dan ikuti petunjuk dosis yang sudah tertera pada label kemasan dengan teliti.

Itulah beberapa manfaat dari paracetamol dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi paracetamol. Pilihlah paracetamol yang aman untuk dikonsumsi dan digunakan untuk semua jenis kalangan mulai dari orang dewasa, anak-anak, ibu hamil, dan orang tua. Jangan lupa untuk tetap perhatikan efek samping dari setiap mengkonsumsi paracetamol. Dan tetap konsultasikan ke dokter apabila mengalami gejala serius.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga