5 Tips Memilih Obat Demam untuk Anak

Website Biogesic Indonesia
5 Tips Memilih Obat Demam untuk Anak
03 May 2023
5 Tips Memilih Obat Demam untuk Anak

Memilih obat demam pada anak merupakan hal yang dikhawatirkan oleh setiap ibu. Demam biasanya disebabkan oleh suhu tubuh anak yang meningkat akibat adanya bakteri atau virus di dalam tubuh sehingga berpotensi menyebabkan penyakit tertentu pada anak. Berbicara mengenai demam pada anak, sebagai seorang ibu pasti kita harus selalu memberikan obat demam yang tepat untuk meredakan demam pada anak. 

Memilih obat demam yang tepat untuk anak sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi dengan banyaknya beredar obat demam untuk anak, menjadi tanggung jawab bagi setiap ibu untuk memberikan obat demam yang cocok dan tepat untuk si buah hati. Berikut beberapa tips cermat untuk memilih obat demam yang aman dan tepat untuk anak:

 

  1. Obat demam dengan dosis khusus untuk anak-anak

Memilih obat demam yang cocok dan tepat adalah hal yang sulit bagi sebagian ibu. Hal tersebut dikarenakan banyak obat-obat yang beredar di luaran sana yang tidak sesuai dengan anjuran dokter. Tips yang pertama dalam memilih obat demam untuk anak yaitu dengan memilih jenis obat yang memiliki dosis khusus untuk anak-anak. Dengan dosis yang khusus, maka obat akan lebih aman untuk dikonsumsi di dalam lambung anak. Umumnya, pemberian dosis pada obat demam untuk anak adalah sebagai berikut:

  1. Usia 6- 8 tahun maksimal sebanyak 250 mg.
  2. Usia 8- 10 tahun maksimal sebanyak 375 mg.
  3. Usia 10-12 tahun maksimal sebanyak 500 mg.
  4. Dan usia 12- 16 tahun maksimal sebanyak 750 mg.

 

Untuk itu, penting bagi setiap ibu agar memperhatikan setiap dosis pada obat demam yang akan diberikan untuk si buah hati. 

 

  1. Obat demam yang mudah dikonsumsi

Bagi sebagian ibu, bukan hanya kesulitan untuk memilih obat demam yang tepat, tetapi juga bagaimana menghadapi sikap anak yang susah untuk mengkonsumsi obat. Mulai dari bentuk yang tidak disukai si buah hati sampai dengan rasa yang membuat buat hati tidak ingin mengkonsumsi obat tersebut. Untuk tips berikut ini, pilihlah obat demam yang mudah dikonsumsi oleh si buah hati. Untuk buah hati yang masih berusia balita, disarankan untuk memilih jenis obat demam dalam bentuk drops. Dan untuk si buah hati yang sudah menginjak usia di atas 5 tahun, sangat disarankan untuk memilih jenis obat berbentuk syrup memiliki rasa manis dalam kandungan obatnya. 

 

  1. Obat demam yang aman dan terpercaya

Obat demam yang aman dan terpercaya akan membuat obat bekerja secara optimal jika menggunakannya dengan benar. Selain itu dengan memilih obat demam yang terpercaya, kita dapat menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Untuk memilih obat demam yang aman dan terpercaya, kita perlu memperhatikan kandungan pada zat aktif yang ada di dalam obat. Hal tersebut bertujuan agar kita dapat mengetahui obat-obat yang tidak cocok untuk dikonsumsi bagi sebagian orang. Berikut ciri obat demam yang aman dan terpercaya:

  1. Sudah dinyatakan aman oleh BPOM
  2. Dibeli melalui apotek resmi
  3. Memiliki aturan pakai yang sesuai dengan anjuran dokter.
  4. Memiliki bahan aktif yang sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Obat demam yang mengandung paracetamol

Acetaminophen atau yang biasa dikenal dengan istilah paracetamol adalah jenis kandungan obat yang berfungsi untuk mengobati rasa sakit ringan hingga sedang seperti demam, sakit kepala, hingga nyeri yang disebabkan oleh flu. Paracetamol adalah kandungan yang umum dipakai untuk membantu menurunkan panas demam pada anak. Selain untuk menurunkan demam, paracetamol merupakan obat demam dengan kandungan yang aman bagi lambung. Paracetamol sangat aman digunakan dengan dosis normal dan bukan dalam jangka yang panjang.

 

  1. Obat demam dengan efek samping tidak berbahaya

Selain 4 tips diatas, tips terakhir ini adalah tips yang perlu diperhatikan dalam memilih obat demam yang tepat untuk anak, selain memastikan obat demam pada anak aman dan sesuai dengan ketentuan, kamu juga harus memilih obat demam yang memiliki efek samping tidak berbahaya. Setiap obat pasti memiliki efek samping, namun pilihlah obat demam dengan efek samping yang ringan seperti mengantuk dan alergi. Setiap obat demam pasti memiliki efek samping yang berbeda-bagi bagi setiap penggunanya. Namun perlu tetap diwaspadai apabila terjadi efek samping yang berlebihan segera konsultasikan kepada dokter sekitar.

 

5 Tips diatas wajib kamu terapkan untuk memilih jenis obat demam yang tepat dan cocok untuk si buah hati. Pilihlah obat dengan tetap mementingkan anjuran dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga