Obat Demam dan 5 Hal Ini Bisa Dilakukan Di Rumah untuk Meringankan Gejala Demam

Website Biogesic Indonesia
Obat Demam dan 5 Hal Ini Bisa Dilakukan Di Rumah untuk Meringankan Gejala Demam
03 May 2023
Obat Demam dan 5 Hal Ini Bisa Dilakukan Di Rumah untuk Meringankan Gejala Demam

Obat demam memang satu-satunya solusi yang tepat untuk mengatasi demam, Namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena demam bisa diatasi dengan beberapa perawatan tertentu yang bisa membantu proses pemulihan tubuh dari demam agar gejala yang dirasakan dapat segera reda. Berikut ini 5 yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan gejala demam

 

  1. Kompres air hangat

Kebanyakan orang menganggap bahwa air dingin dapat digunakan sebagai obat demam alami, padahal pada kenyataannya, menurut beberapa sumber kompres air dingin bisa membuat suhu pada tubuh meningkat dan memperparah demam. 

 

Maka dari itu, sebagai obat demam alami yang bisa ditemukan dirumah, air hangat juga direkomendasikan sebagai metode yang lebih ampuh untuk menurunkan demam pada anak-anak maupun orang dewasa dibandingkan air dingin. Pada metode ini, suhu hangat yang dihasilkan dari air hangat tersebut dapat membuat pembuluh darah melebar dan memicu terjadinya keringat sehingga mempermudah pengeluaran panas dari dalam tubuh serta membuat suhu tubuh menurun secara alami.

 

Untuk menurunkan demam dengan kompres air hangat, kamu cukup lakukan dengan merendam waslap bersih ke dalam wadah yang berisi air hangat suam kuku lalu peras sisa air dan tempelkan langsung ke daerah ketiak, dahi, pergelangan tangan, atau betis. 

 

  1. Mandi menggunakan air hangat

Saat demam, suhu tubuh yang tinggi terkadang membuat sebagian orang menjadi kegerahan dan tidak nyaman. Jika kondisi tubuh masih memungkinkan, sangat disarankan bagi penderita demam untuk mandi menggunakan air hangat. Mandi menggunakan air hangat saat demam dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat menghilangkan stress serta memberikan energi tambahan agar badan tidak lemas. Dengan mandi menggunakan air hangat saat kondisi demam, hal tersebut dapat membantu mengurangi demam secara bertahap.  

  1. Mengkonsumsi banyak air putih

Saat demam, mengkonsumsi banyak air putih adalah obat paling ampuh yang bisa dilakukan. Saat tubuh dehidrasi dan mengeluarkan banyak keringat, air putih dapat berfungsi sebagai obat penurun demam dan pencegah dehidrasi. Tidak hanya air putih, kamu juga bisa mengkonsumsi banyak cairan seperti teh tawar hangat atau kaldu sayur sebagai antisipasi untuk membantu menurunkan demam. Selain itu, disarankan juga untuk mengkonsumsi cairan atau minuman hangat, karena uap dari minuman yang panas dapat mengencerkan lendir yang dapat menyumbat hidung serta memicu produksi keringat. 

  1. Kaos kaki basah

Terdengar aneh dan samar, kaos kaki basah juga dipercaya ampuh untuk membantu menurunkan demam pada anak maupun orang dewasa. Obat demam alami yang satu ini sangat bisa diterapkan di rumah. Sebelum tidur, cukup rendam sepasang kaos kaki berbahan katun ke dalam air hangat, setelah itu peras dan tempelkan pada telapak kaki. Ulangi metode ini selama 5-6 hari berturut-turut untuk menurunkan demam. 

Metode menurunkan demam dengan kaos kaki basah dapat dilakukan sebelum tidur. Dengan itu, tubuh akan mulai mengalirkan cairan getah bening serta aliran darah yang lebih kencang ke arah ujung-ujung kaki. Hal tersebut yang dapat merangsang aktivitas sistem imun tubuh dan menghindari ancaman dari suhu dingin pada area tersebut. 

  1. Perbanyak makan buah-buahan

Obat demam alami terakhir yang bisa ditemukan dan dibuat di rumah lainnya yaitu meningkatkan konsumsi buah-buahan. Selain sebagai multivitamin untuk tubuh, buah juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai infeksi pada tubuh sehingga mempercepat penyembuhan demam. Kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, kiwi, pepaya, mangga, dan buah lainnya yang mengandung akan vitamin c. Pilihlah buah yang benar-benar segar dan hindari produk buah kalengan yang mengandung tambahan gula di dalamnya. Namun perlu diperhatikan juga, jangan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin c apabila gejala demam yang dirasakan disertai juga dengan diare atau gangguan pada pencernaan. 

 

5 Hal di atas bisa kamu lakukan dirumah untuk membantu menurunkan demam pada orang dewasa maupun anak-anak. Namun terlepas dari 5 hal diatas, kamu juga perlu memperbanyak istirahat agar oksigen dan sumber energi di dalam tubuh sepenuhnya digunakan untuk fokus menurunkan demam. Jika terlalu banyak aktivitas, tubuh bisa menimbulkan gejala yang semakin parah dan demam bisa tak kunjung turun.  Dan yang terpenting adalah jika demam tidak kunjung turun, segera konsumsi obat demam untuk membantu menurunkan demam. Pilihlah obat demam yang aman dan sering direkomendasikan para dokter seperti Biogesic paracetamol  yang mengandung 100% paracetamol tanpa kafein. Biogesic paracetamol juga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan segala kalangan usia.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga