Ini Dia

Website Biogesic Indonesia
Ini Dia, "Me Time" Untuk Mengurangi Stress dan Tetap Bahagia
29 June 2021
Ini Dia,

“Me time” mungkin terdengar sulit bagi sebagian ibu yang sehari-hari harus mengurus rumah dan keluarga selain bekerja. Walaupun bekerja dari rumah terkesan lebih santai karena bekerja dari rumah, namun sebenarnya hal ini jauh lebih melelahkan karena tak punya waktu istirahat yang cukup dan bisa meningkatkan stress. Kira-kira apa saja hal yang dapat muncul karena adanya kebiasaan baru ini?

Bekerja sekaligus mengurus rumah tangga di waktu yang bersamaan tak hanya bisa membuat tubuh lebih lelah, namun juga stres. Lelah fisik dan mental menjadi salah satu hal penyebab burn out yang dirasakan dalam waktu lama. Dampak stress berkepanjangan ini dapat memengaruhi kondisi mental dan menyebabkan perasaan putus asa, cenderung menyalahkan diri sendiri, lebih sensitif, lebih sering sakit karena daya tahan tubuh menurun, nafsu makan dan pola tidur berubah. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa memengaruhi hubungan dengan keluarga atau sahabat.

Berbeda dengan stres pada umumnya, orang dengan kondisi burn out cenderung menunda pekerjaan, menghindar dari tanggung jawab, sering membolos atau terlambat bekerja, menutup diri dari orang lain, meluapkan rasa frustasi ke orang lain, hingga menggunakan makanan, alkohol, hingga obat-obatan terlarang yang dirasa sebagai jalan keluar.

Sebenarnya ada cara mengatasi burn out ini, yaitu dengan meluangkan waktu sendiri atau “me time” dan tidak terbebani oleh tanggung jawab sehari-hari. Saatnya untuk berhenti sejenak dan berikan diri waktu untuk beristirahat, misalnya dengan mengikuti afternoon tea time bersama sahabat secara virtual. Selain bisa sharing tentang hal yang selama ini dipendam, berbincang dengan teman juga bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan tingkat burn out. Selain itu, Moms dapat meninjau kembali jadwal harian dan mengaturnya sehingga tidak memberatkan. Selalu ingat bahwa bekerja atau mengurus rumah dan menikmati waktu istirahat harus seimbang, ya.

Bukan hanya dari diri sendiri saja, cara menghibur diri untuk mengatasi burn out/kelelahan juga membutuhkan bantuan dari orang sekitar. Sebaiknya, beritahu tentang kondisi Moms kepada keluarga dan coba untuk mendiskusikan hal yang bisa membantu Moms untuk terhindar dari pemicu burn out. Selain dukungan dari orang tersayang, menjaga pola makan dengan mengurangi asupan gula serta karbohidrat, meningkatkan asupan Omega-3, serta mengurangi makanan yang mengandung lemak jahat, seperti pada makanan cepat saji.

Saat burn out menyerang dan Moms mengalami efek kelelahan berlebihan, seperti sakit kepala, nyeri otot, atau demam karena menurunnya tingkat imun, segera minum Biogesic yang mengandung 500 mg Paracetamol. Aman digunakan sesuai dosis untuk meredakan sakit kepala sehingga Moms bisa beristirahat dengan lebih tenang. Semangat terus, Moms!

Baca artikel lainnya:

1. 5 Kegiatan Terbaik untuk Mendukung Kreativitas dan Cita-cita si Kecil

2. Terapkan 5 Metode Dasar Montessori Sehari-hari Bersama Anak

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga