Terapkan 5 Metode Dasar Montessori Sehari-hari Bersama Anak | Biogesic

Website Biogesic Indonesia
Terapkan 5 Metode Dasar Montessori Sehari-hari Bersama Anak
27 October 2020
Terapkan 5 Metode Dasar Montessori Sehari-hari Bersama Anak

Metode Montessori adalah sebuah sistem pendidikan yang dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori pada tahun 1900. Metode ini membantu setiap anak meraih potensinya  di semua bidang kehidupan. Sudah lebih dari 100 tahun, metode ini semakin digandrungi banyak orang tua dalam mendidik anak dan terbukti sukses diterapkan di berbagai negara yang berbeda-beda kulturnya.

Maria Montessori percaya bahwa setiap individu harus mengedukasi dirinya sendiri, sedangkan guru bertugas menyediakan informasi dan bimbingan kepada siswa di lingkungan yang edukatif, serta dapat mengarahkan individu. Lalu, apa saja metode Montessori yang bisa diterapkan Moms, ya? Simak ulasannya, yuk!

Metode Dasar Montessori Sehari-hari

Pendidikan anak usia dini memang sangat dibutuhkan. Tujuan pendidikan ini yakni untuk memupuk keingintahuan anak-anak, bakat dan kecintaan mereka pada ilmu pengetahuan, serta keinginan yang kuat untuk terus belajar.

Ada beberapa prinsip dasar metode Montessori, yakni:

  • Pendekatan individu dalam belajar;

  • Kombinasi antara pendidikan akademik dan sosial;

  • Memupuk rasa keingintahuan anak, dan mendorong anak untuk berani melakukan eksplorasi;

  • Konsep abstrak dipresentasikan kepada anak secara nyata;

  • Keterampilan dan rutinitas yang diajarkan di sekolah akan diterapkan anak dalam kehidupannya sehari-hari hingga dewasa.

Metode Montessori sehari-hari mengajarkan 5 bidang utama yang dapat diajarkan Moms kepada anak.

1. Kemampuan Berbahasa

Sejak dini, anak-anak dilatih untuk berkomunikasi di hadapan orang banyak. Salah satu contohnya adalah dengan meminta anak-anak bercerita atau mempresentasikan tema tertentu setiap minggu di kelas atau di depan orang tua.

Selain itu, anak-anak bisa diperkenalkan dengan huruf melalui permainan yang menyenangkan. Dengan begitu, anak-anak tidak akan merasa sedang belajar, tetapi mereka akan mengingat semuanya karena seperti bermain. Namun, ingat ya, Moms, kemampuan setiap anak berbeda, sehingga guru dan orang tua tidak boleh memaksa setiap anak melakukan hal yang sama di saat yang sama.

2. Matematika

Mengajarkan matematika pada anak mencakup belajar mengenal aneka bentuk, memahami mana ukuran yang lebih besar dan kecil, mengenal angka, dan sebagainya. Tanpa disadari, anak-anak akan mampu berhitung dengan belajar melalui permainan dan lagu. Orang tua dan guru juga bisa mengenalkan konsep bentuk melalui permainan puzzle atau blok.

3. Budaya dan tata krama

Sejak dini anak-anak diajarkan untuk menjaga sopan santun dan tata karma. Moms bisa membimbing anak untuk dapat mengantri, bersikap sopan santun, dan melakukan kebaikan lainnya. Moms juga bisa mengajarkan cara mencuci tangan kepada anak rutin sebelum makan.

Program bermain dengan teman sebaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan anak untuk bersikap sportif saat kalah dalam perlombaan. Selain itu, ajarkan juga anak untuk meminta maaf ketika melakukan kesalahan, serta bersedia untuk memaafkan. Aspek pendidikan moralitas, tata krama, dan budaya bisa diajarkan kepada anak sejak dini.

4. Sensorik

Moms sering kesal karena si kecil gemar, mencoret-coret dinding atau mengacak-ngacak seisi rumah? Moms harus memaklumi hal ini, lho, karena sebenarnya mereka sedang mengembangkan kemampuan indra sensoriknya.

Dalam Montessori, anak-anak diperkenalkan dengan mainan yang melatih indra sensorik, misalnya dengan menggunakan botol sensorik, bermain pasir, kacang-kacangan, dan sebagainya. 

5. Kehidupan sehari-hari

Metode Montessori sehari-hari yang bisa diajarkan kepada anak bisa berupa keterampilan yang membuat mereka menjadi balita mandiri, seperti mengajarkan menggunakan kaos kaki, sepatu, dan baju sendiri.

Moms juga bisa mengajarkan anak bagaimana cara memegang piring dan gelas, serta makan sendiri selayaknya orang dewasa. Proses belajar anak dapat dapat dilakukan dengan menyenangkan. Misalnya anak gemar bermain air dengan cara menuang air dari wadah satu ke wadah lainnya. Moms bisa memanfaatkan hal tersebut dengan mengajarkan anak menyiram tanaman sambil menumbuhkan rasa cinra kepada lingkungan sekitar.

Nah, itulah beberapa metode Montessori sehari-hari yang bisa dilakukan Moms dengan anak di rumah. Seru sekali, bukan? Ingat, ya, Moms, kemampuan setiap anak berbeda-beda, jadi jangan sampai membandingkan anak dengan anak lainnya.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga