4 Cara Mendampingi Anak Belajar di Rumah Agar Menyenangkan | Biogesic

Website Biogesic Indonesia
Cara Mendampingi Anak Belajar di Rumah Agar Jadi Menyenangkan
14 September 2020
Cara Mendampingi Anak Belajar di Rumah Agar Jadi Menyenangkan

Kondisi pandemi COVID-19 membuat anak tak bisa pergi ke sekolah dan harus melaksanakan kegiatan belajar di rumah. Peran orang tua sangatlah penting ketika mendampingi anak di rumah agar ia tetap bisa semangat dan mampu menyerap pelajaran dengan baik. Lalu, apakah Moms sudah tau seperti apakah cara mendampingi anak belajar agar lebih efektif?

 

1. Jadwal aktivitas harian

Moms, salah satu penyebab anak tidak mau belajar ialah karena ia terus berada di rumah, sehingga membuat anak mengira jika ini adalah liburan tanpa henti. Maka dari itu, Moms bisa membuat jadwal aktivitas harian bersama dengan anak. Tujuannya, agar ia mau menerima dan mengikuti jadwal yang telah disepakati bersama. Bicarakan dengan si kecil, mengenai pukul berapa ia mau bangun tidur, mandi, belajar, makan, dan istirahat.

2. Perhatikan tempat dan lama waktu belajar anak

Seperti apakah tempat yang digunakan anak untuk belajar? Nah Moms, tempat belajar menjadi faktor penting untuk mendukung konsentrasi belajar si kecil. Pastikan Moms sudah memilih ruangan yang nyaman, tenang, dan juga memiliki pencahayaan yang baik. Umumnya, anak-anak memiliki konsentrasi penuh selama 20 menit. Moms bisa membiarkannya untuk istirahat sejenak ya.

3. Cari tahu gaya belajar anak

Cara mendampingi anak belajar di rumah berikutnya yakni dengan mengenali gaya belajar anak. Tiap anak memiliki gaya yang berbeda-beda, lho. Bisa jadi anak lebih mudah menerima informasi dengan cara melihat, artinya ia punya gaya belajar visual. Moms bisa memberikannya buku yang lebih banyak gambar dan juga bentuk tulisan yang beragam dan berwarna. Kalau anak lebih nyaman belajar dengan mendengarkan, Moms bisa membacakannya buku. Hal ini berarti ia memiliki gaya belajar auditorik. Biar si kecil bisa menyerap pelajaran, Moms bisa menggunakan intonasi lembut seperti bercerita ketika mendampingi belajar.

4. Tetap berdiskusi dengan pihak sekolah

Moms harus tetap aktif menanyakan materi apa saja yang perlu dipelajari si kecil. Kemudian pastikan Moms selalu dampingi anak ketika mengakses internet. Sesekali berikanlah ia hadiah atas pencapaian tertentu seperti ketika ia berhasil mengerjakan soal. Dengan begitu, anak akan lebih termotivasi untuk belajar. Bahkan, si kecil bisa mengganggap jika proses belajar adalah suatu hal yang menyenangkan.

 

Selama Belajar di Rumah, Tetap Perhatikan Kesehatan Anak

Moms, memang tidak mudah mendampingi anak belajar di rumah. Si kecil bisa mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan belajar di rumah. Ia juga bisa terlihat murung selama “terkurung” di rumah. Maka dari itu, Moms perlu sering-sering mengajaknya mengobrol agar si kecil menjadi lebih terbuka dengan kondisi yang sedang dirasakan.

 

Anak juga rentan merasa kelelahan dengan aktivitas belajar di rumah yang cukup padat sehingga menyebabkannya jatuh sakit. Bila kelelahan, biasanya anak lebih mudah terkena demam, Moms. Demi mencegah hal tersebut, Moms bisa menyiapkan Biogesic di rumah ya. Biogesic mengandung 500 mg Paracetamol yang bekerja sebagai penurun panas (antipiretik), aman dikonsumsi oleh anak-anak jika diminum sesuai indikasi dan aturan pakai. Itulah beberapa cara mendampingi anak belajar di rumah ya Moms. Tetap perhatikan kondisi kesehatan anak selama mendampinginya belajar.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga