Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Mencegah Anak Sakit saat Berlibur?

Website Biogesic Indonesia
Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Mencegah Anak Sakit saat Berlibur?
02 August 2023
Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Mencegah Anak Sakit saat Berlibur?

Saat liburan, sebagian orang tua pasti selalu memastikan agar anak tetap sehat dan terhindar dari penyakit saat berlibur. Untuk itu sangat penting bagi sebagian orang tua agar mempersiapkan segala cara untuk mencegah anak sakit saat berlibur. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mencegah anak sakit saat berlibur:

1. Periksa kondisi kesehatan anak

Sebelum memutuskan mengajak anak Anda untuk berlibur, pastikan Anda sudah memeriksa kondisi kesehatan anak. Apabila anak memiliki riwayat penyakit atau sedang dalam masa pemulihan dari penyakit sebelumnya, konsultasikanlah kepada dokter untuk memastikan apakah anak Anda dalam kondisi yang aman untuk melakukan perjalanan berlibur. Selain pada kondisi kesehatan, Anda juga perlu memeriksa dan memastikan vaksinasi anak Anda telah lengkap dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Vaksinasi adalah salah satu cara yang efektif untuk melindungi anak dari penyakit yang serius yang bisa saja menyebar saat bepergian.

2. Jaga kebersihan anak

Kebersihan adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah anak sakit saat pergi berlibur. Kebersihan tentu sangat baik untuk mencegah penyakit menular dan penyakit lainnya. Ajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan mulai dari hal kecil seperti mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan bermain di luar. Selalu bawa tisu basah atau hand sanitizer untuk membersihkan tangan anak apabila tidak ada sabun dan air. Dan perlu diingatkan untuk selalu menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit.

3. Pilihlah makanan dan minuman yang aman

Makanan dan minuman yang tidak higienis dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan atau infeksi pada anak. Selama berlibur, pastikan Anda memilih tempat makan yang bersih dan terpercaya untuk menghindari resiko terkena penyakit saat berlibur. Jika memungkinkan, hindari mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang yang bisa berpotensi untuk anak terkena infeksi. Dan pastikan anak Anda mendapatkan konsumsi makanan yang memiliki gizi baik serta tercukupinya cairan di dalam tubuh.

4. Melindungi dari cuaca ekstrim

Penting untuk setiap orang tua dalam memperhatikan kondisi cuaca saat berlibur bersama anak. Cuaca ekstrem seperti hujan dan panas tidak selalu baik untuk kondisi anak. Terlebih apabila kondisi anak tidak cukup fit untuk menghadapi cuaca tersebut. Untuk itu, Anda bisa memastikan anak Anda dalam kondisi yang aman dengan memberikannya pakaian yang nyaman dan melindungi dirinya. Jangan biarkan anak bermain hujan-hujanan dan tetap membatasi aktivitasnya di luar ruangan yang terlalu lama terkena paparan sinar matahari.

5. Istirahat yang cukup

Liburan seringkali penuh dengan kegiatan yang sangat menyenangkan, tetapi jangan sampai hal itu membuat anak menjadi kurang istirahat. Kelelahan dan kehilangan cukup waktu untuk tidur dapat membuat sistem kekebalan tubuh anak menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit. Untuk itu, pastikan anak Anda memiliki waktu istirahat yang cukup setiap hari agar tubuhnya tetap pulih dan terjaga selama liburan.

6. Siapkan obat-obatan dan peralatan medis

Hal ini tentu menjadi hal yang sangat penting saat Anda melakukan perjalanan bersama anak. Selalu siapkan kotak obat dengan peralatan media dasar yang bisa Anda gunakan dalam menghadapi situasi darurat selama berlibur. Pastikan Anda membawa obat-obatan yang diperlukan untuk mengatasi kondisi umum yang bisa saja terjadi saat berlibur nanti seperti demam, sakit perut, flu, batuk, atau nyeri. Tidak hanya obat, Anda juga harus membawa peralatan medis seperti alat pengukur suhu, plester, dan disinfektan untuk mengantisipasi hal-hal dalam penolongan pertama disaat anak sakit. Dengan obat-obatan dan peralatan medis, Anda akan lebih terbantu dalam menghadapi situasi yang mendesak dengan cepat dan efektif.

Dengan mempersiapkan segala hal di atas dengan baik, itu sudah berarti Anda membantu mencegah anak Anda sakit saat berlibur. Namun, Anda tetap harus waspada dan terus menjaga kondisi anak. Terapkan langkah-langkah pencegahan dan selalu siap dengan obat-obatan seperti paracetamol dan alat-alat medis yang dibutuhkan. Anda juga bisa mempersiapkan asuransi perjalanan untuk melindungi keluarga tercinta dari risiko yang tidak pernah bisa terduga.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga