Benarkah Kurang Tidur Bikin Sakit Kepala? Ini Jawabannya! - Biogesic

Website Biogesic Indonesia
Kurang Tidur Bikin Sakit Kepala, Benarkah?
17 November 2021
Kurang Tidur Bikin Sakit Kepala, Benarkah?

Terlalu sibuk dan banyak hal yang dikerjakan seringkali menjadi penyebab utama kurang tidur atau yang disebut juga sebagai sleep deprivation. Selain itu, kurang tidur merupakan penyebab sakit kepala yang sering dikeluhkan, terutama di pagi hari. Hal ini dikarenakan saat kurang tidur, tubuh memproduksi protein yang dapat menimbulkan nyeri kronis. Hal inilah yang menyebabkan sakit kepala, terutama migrain. 

Suplai oksigen kurang, sebabkan sakit kepala

Tak hanya dikarenakan kelelahan, kurang tidur juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan saat tidur. Misalnya sleep apnea atau karena sesak napas saat tidur yang menyebabkan suplai oksigen berkurang. Adanya gangguan ini juga menjadi penyebab pusing di pagi hari. Umumnya, orang yang mengalami gangguan pernapasan saat tidur juga merasakan kelelahan sepanjang hari. Akibatnya, tubuh merasa kurang istirahat yang disertai oleh pusing. 

Efek samping kurang tidur berkepanjangan

Beberapa akibat kurang tidur dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti:

  • Berkurangnya kemampuan mengingat
  • Perubahan mood
  • Sulit berpikir dan berkonsentrasi
  • Menurunnya imun tubuh
  • Risiko diabetes meningkat
  • Penyebab obesitas
  • Depresi
  • Penuaan dini 

Cara mencegah kurang tidur

Kurang tidur disebabkan oleh waktu istirahat di bawah yang disarankan dan juga rendahnya kualitas tidur. Terlalu sering beristirahat kurang dari 7 jam dapat menjadi awal penyakit, seperti depresi, obesitas, hingga munculnya efek kurang tidur bagi wajah, seperti penuaan dini, yang bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Untuk itu, Moms dan keluarga bisa melakukan pencegahan, misalnya:

  • Membatasi tidur siang
  • Tidak mengonsumsi kafein, seperti kopi
  • Atur jadwal tidur rutin, termasuk saat akhir pekan
  • Hindari konsumsi makanan berat beberapa jam sebelum tidur
  • Berolahraga secara rutin untuk meningkatkan imun
  • Hindari penggunaan gadget menjelang tidur 

Cara mengatur pola tidur yang baik

Agar kurang tidur yang jadi penyebab sakit kepala bisa dihindari, maka Moms dan keluarga harus menerapkan pola tidur yang baik. Misalnya, buat jadwal istirahat malam lebih dari 7 jam dan hindari segala kegiatan yang dapat mendistraksi otak untuk tetap aktif. Ingat, jadwal ini juga wajib diikuti bahkan saat akhir pekan, ya. Moms dapat tidur malam dan bangun pagi di waktu yang sama setiap hari untuk membiasakan tubuh. Selain itu, atur waktu makan malam setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur yang telah ditentukan. Lalu, lakukan peregangan dan meditasi sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas istirahat dan menghindari kurang tidur. Hal ini juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi depresi dengan melatih pikiran untuk tetap tenang.

Jika mengidap insomnia, apa yang harus dilakukan?

Orang dengan insomnia atau yang sering terbangun di malam hari sebenarnya juga dapat mengatur waktu istirahat setiap harinya. Misalnya dengan melakukan rutinitas sebelum tidur seperti mengatur pernapasan, mandi dengan air hangat, atau pun mendengarkan musik lembut. Melakukan yoga sebelum tidur juga bisa membantu melemaskan otot sehingga terhindar dari penyebab sakit kepala di pagi hari. Selain itu, atur suhu ruangan kamar dan tidur dengan lampu redup. Lalu, pastikan untuk menghindari konsumsi kafein, terutama menjelang tidur, ya. 

Bagaimana mengatasi sakit kepala akibat kurang tidur?

Salah satu cara menghilangkan pusing akibat kurang tidur adalah dengan mengomsumsi obat sakit kepala, seperti Biogesic. Dengan kandungan Paracetamol 500mg, Biogesic dapat membantu meredakan nyeri sakit kepala hingga nyeri otot sehigga bisa meningkatkan kualitas istirahat terutama di malam hari.

Agar penyebab sakit kepala bisa teratasi, sediakan selalu Biogesic Tablet di rumah. Tak perlu beli ke luar, pesan dan beli di sini secara online agar lebih nyaman dan bebas repot. Semoga sehat selalu untuk Moms dan keluarga!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga