Puasa Jadi Sering Sakit Kepala? Ketahui Penyebabnya!

Website Biogesic Indonesia
Puasa Jadi Sering Sakit Kepala? Ketahui Penyebabnya!
21 April 2021
Puasa Jadi Sering Sakit Kepala? Ketahui Penyebabnya!

Memasuki bulan Ramadan, beberapa orang mengeluhkan sakit kepala saat berpuasa. Walaupun terdengar umum, namun sakit kepala atau pusing yang dialami oleh orang yang berpuasa ternyata memiliki alasan tersendiri. Agar bisa mengatasi hal tersebut, yuk, cari tahu dulu penyebab umum sakit kepala saat berpuasa!

Pola tidur berubah

Pusing saat bangun tidur merupakan hal wajar yang dialami orang saat harus bangun sahur. Interupsi saat tidur bisa menyebabkan disorientasi serta menimbulkan rasa sakit di kepala akibat kualitas istirahat yang menurun. Oleh karena itu, atur pola tidur agar bisa tetap istirahat dengan cukup dan terhindar dari pusing di siang hari.

Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh dapat menjadi penyebab pusing yang paling sering muncul. Cairan dalam tubuh akan terus keluar saat beraktivitas di siang hari namun tidak bisa menambah asupan cairan karena berpuasa. Oleh karena itu, atur konsumsi air putih pada saat berbuka dan sahur, ya 

Hipoglikemia

Menurunnya gula darah secara drastis atau yang umumnya disebut hipoglikemia juga sering terjadi saat bulan puasa. Kurangnya glukosa dalam tubuh karena tidak makan dan minum berjam-jam menyebabkan terhambatnya proses memompa darah ke otak. Akibatnya, sakit kepala muncul dan dapat menyebabkan kehilangan kesadaran atau pingsan jika tidak segera ditangani.

Kekurangan kafein

Mengonsumsi kopi sehari-hari pasti selalu merasakan hal ini setiap mulai berpuasa. Tubuh akan merasakan sakit kepala, gelisah, lemas, mual, hingga sulit berkonsentrasi saat harus stop mengonsumsi kafein.

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk meredakan pusing saat berpuasa, coba pijat perlahan bagian kepala yang sakit, tengkuk, hingga pundak. Pijatan ini berguna untuk memperlancar peredaran darah yang tersumbat yang menyebabkan sakit kepala. Selain memijat, kompres dingin menggunakan es juga dapat membantu meredakan rasa sakit. Nah, setelah berbuka, konsumsi Biogesic yang mengandung 500 mg Paracetamol untuk meredakan sakit kepala dan aman digunakan oleh keluarga sesuai petunjuk pakai.

Saat pusing di bulan puasa, jangan panik dan kenali penyebabnya agar bisa menentukan cara yang baik untuk meredakannya. Jaga kesehatan keluarga dan bebas sakit kepala di bulan Ramadan!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga