Tips Jaga Tubuh Tetap Bersemangat dan Antilemas di Bulan Ramadan

Website Biogesic Indonesia
Tips Jaga Tubuh Tetap Bersemangat dan Antilemas di Bulan Ramadan
21 April 2021
Tips Jaga Tubuh Tetap Bersemangat dan Antilemas di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan tiba, saatnya untuk berpuasa selama satu bulan penuh bagi yang menjalankan. Tidak makan dan minum dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, tidak bertenaga, bahkan mudah terserang sakit jika tidak menjaganya dengan baik. Untuk itu, perhatikan 5 tips ini supaya bisa tetap dekat dan sehat bersama keluarga di bulan Ramadan.

Perbanyak sayur dan buah

Saat sahur dan berbuka, menu sayuran dan buah sebagai pencuci mulut wajib ada di meja makan. Tubuh membutuhkan lebih banyak asupan kedua makanan tersebut yang kaya akan vitamin serta nutrisi penting lainnya agar tubuh bisa tetap sehat dan bertenaga. Memenuhi asupan nutrisi harian merupakan kunci agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari penyakit terutama saat berpuasa.

Hindari gorengan, garam gula berlebih

Sesuatu yang berlebihan memang tidak pernah baik, apalagi jika berhubungan dengan kesehatan. Di bulan puasa, konsumsi makanan seperti gorengan atau yang mengandung gula dan garam berlebih meningkat pula. Walaupun terasa lezat, namun hal ini bisa menjadi awal dari berbagai masalah kesehatan, seperti pusing karena darah tinggi dan kolesterol, berat badan bertambah, mudah lelah, kulit berjerawat, dan masalah kesehatan lainnya.

Makan terlalu banyak

Saat berbuka, umumnya orang mengambil makanan dalam jumlah besar sebagai “pembalasan” setelah seharian menahan lapar. Tetapi hati-hati, masuknya makanan dalam jumlah besar dalam waktu singkat bisa menyebabkan sistem pencernaan terganggu. Sebaiknya, konsumsi makanan dalam jumlah kecil secara berkala, ya.

Minum air putih

Walaupun terdengar sederhana, kurangnya cairan pada tubuh saat puasa bisa menyebabkan dehidrasi yang menjadi penyebab tubuh lemas, lelah, terlihat lesu, dan sakit kepala. Oleh karena itu, pastikan minum air putih setidaknya 4 gelas saat sahur dan 4 gelas saat berbuka.

Olahraga ringan

Puasa bukan jadi halangan untuk tetap berolahraga ringan. Olahraga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah sehingga tubuh jadi lebih bugar dan bebas dari aliran darah tak lancar yang menyebabkan pusing. Lakukan olahraga ringan seperti peregangan dan senam di rumah.

Bagaimana? Mudah bukan untuk menjaga kesehatan keluarga saat berpuasa? Jangan lupa selalu sedia Biogesic di rumah yang mengandung 500 mg Paracetamol yang dapat dikonsumsi setelah berbuka untuk meredakan sakit kepala. Selalu jaga kesehatan agar tetap lancar beraktivitas di bulan Ramadan!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga