Manfaat Mengajak Ngobrol Janin, Penting untuk Perkembangannya

Website Biogesic Indonesia
Manfaat Mengajak Ngobrol Janin, Penting untuk Perkembangannya
11 July 2022
Manfaat Mengajak Ngobrol Janin, Penting untuk Perkembangannya

Tahukah Moms, kalau suara Moms bisa memberikan hal besar untuk janin dalam perut. Studi menunjukkan bahwa mengajak ngobrol janin punya manfaat menenangkan, baik di dalam rahim bahkan sampai Moms akhirnya bertemu dengan mereka sebagai bayi yang baru lahir. Para peneliti telah mencatat bahwa bayi yang belum lahir dengan jelas merespons getaran dan suara yang berbeda dengan perubahan detak jantung atau pola gerakan mereka, dan bisa menjadi sangat responsif terhadap suara ibu mereka. Percakapan yang Moms lakukan dengan perut buncit Moms di trimester ketiga menjadi dasar bagi perkembangan sosial dan emosional Si Kecil, serta keterampilan bahasa dan memori mereka. Suara Moms sudah membentuk pemahaman Si Kecil tentang dunia.

 

Apa yang mungkin dirasakan bayi dalam kandungan?

Suara

Pada sekitar minggu ke-18 kehamilan, bayi akan mulai mendengar suara tubuh Moms, seperti detak jantung dan perut Moms yang keroncongan. Pada minggu ke-26, bayi mungkin bereaksi terhadap suara-suara baik di dalam maupun di luar tubuh Moms. Suara luar yang didengar bayi di dalam rahim adalah sekitar setengah dari volume yang kita dengar. Mereka masih terkejut dan menangis jika terpapar suara keras yang tiba-tiba, dan bisa ditenangkan oleh suara ibunya.

 

Perkembangan bahasa

Setelah 32 minggu, bayi Moms mungkin mulai mengenali suara vokal tertentu dari bahasa yang digunakan. Beberapa studi menunjukkan bahwa perkembangan bahasa yang sangat dini dapat dimulai sebelum kelahiran.

 

Memori

Selain mengingat suara-suara tertentu dari bahasa ibu mereka, bayi juga mungkin mengingat musik tertentu yang dimainkan untuk mereka di dalam rahim.

 

Penglihatan

Retina bayi yang belum lahir berkembang pada 20 minggu, dan mereka membuka mata serta dapat melihat cahaya dari 22 minggu. Akan tetapi, mata bayi terus berkembang setelah mereka lahir.

 

Sensasi

Setelah sekitar 18 minggu, bayi suka tidur di dalam rahim saat ibunya terjaga karena adanya gerakan dapat membuat mereka tertidur. Mereka dapat merasakan sakit pada minggu ke-22, dan pada minggu ke-26 mereka dapat bergerak sebagai respons terhadap tangan yang diusap di perut Moms.

 

Pentingnya mengajak ngobrol janin

Berikut beberapa manfaat utama yang didapatkan ketika Moms rajin berbicara pada janin dalam kandungan, yaitu:

  • Merangsang pendengaran bayi

Cobalah berbicara, menyanyikan lagu atau memutar musik yang pelan untuknya. Kebiasaan ini dapat merangsang sistem saraf dan otak agar fungsi pendengarannya menjadi lebih peka.

  • Memperkenalkan bahasa yang digunakan

Bahasa yang didengar janin selama dalam kandungan, akan diingat sampai ia lahir dan tumbuh besar kelak. Ingatan tersebut akan membantu Si Kecil lebih mudah mengucapkan kata-kata saat belajar berbicara dan berkomunikasi kelak setelah ia lahir.

  • Memupuk kecerdasan bayi

Stimulus yang diterima Si kecil ketika Moms mendengarkan musik, berbicara dengannya, atau membacakan buku cerita dapat merangsang kecerdasan Si Kecil.

  • Membuat bayi merasa lebih aman dan nyaman

Selain merasa nyaman, suara yang didengar Si Kecil juga dapat membuatnya lebih mudah beradaptasi dengan situasi di sekelilingnya saat sudah lahir nanti.

  • Membangun kedekatan emosional

Setelah lahir nanti, Si Kecil yang sudah terbiasa mendengar suara ibunya akan merasa lebih tenang dan tidak mudah rewel setiap kali Moms mengajaknya berbicara. Hal ini dikarenakan adanya kedekatan emosional yang tercipta.

 

Mungkin awalnya Moms akan merasa aneh ketika harus berinteraksi mengajak ngobrol janin dalam kandungan, tapi percayalah bahwa Si Kecil turut mendengarkan bahkan bisa bereaksi. Jangan lupa juga untuk selalu konsultasikan kehamilan Moms dengan dokter, ya!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga