Anemia Saat Hamil, Apa Saja Penyebabnya?

Website Biogesic Indonesia
Anemia Saat Hamil, Apa Saja Penyebabnya?
21 June 2022
Anemia Saat Hamil, Apa Saja Penyebabnya?

Saat hamil, Moms membutuhkan lebih banyak nutrisi untukmendukung kesehatan diri sendiri dan juga pertumbuhan calon buah hati. Tapi, walaupun begitu, ada saja risiko yang mengintai yang bisa membuat proses kehamilan terasa cukup berat, misalnya anemia. Di masa kehamilan, anemia dapat muncul karena tak cukupnya sel darah merah untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke calon buah hati. Nah, mengapa hal ini bisa terjadi? Cari tahu sama-sama, yuk!

 

Apa itu anemia saat hamil?

Di periode kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak seldarah untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil. Jika Moms tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, maka tubuh tidak akan bisa memproduksi sel darah merah sesuai kebutuhan. Umumnya, anemia ringan normal terjadi, namun pada beberapa kasus, anemia yang cukup serius dan tak ditangani bisa menyebabkan komplikasi, seperti lahir prematur.

 

Apa saja jenis anemia?

Walaupun sama-sama kekurangan sel darah merah, namunanemia saat hamil memiliki beberapa penyebab berbeda, seperti:

- Kekurangan zat besi

Tipe anemia ini dapat muncul saat tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk memproduksi hemoglobin, yang merupakan protein dalam sel darah merah. Sel ini berfungsi untuk menyebarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Maka, jika terjadi anemia karena kekurangan zatbesi, maka sel darah merah tidak dapat membawa oksigen yang cukup. Nah, anemia jenis ini juga merupakan yang paling umum dialammi oleh Moms yang sedang mengandung.

- Kekurangan folat

Folat merupakan vitamin yang secara alami ditemukan pada makanan berdaun hijau. Untuk membentuk sel darahmerah yang sehat, maka tubuh juga memerlukan bantuan dari folat. Saat masa kehamilan, Moms membutuhkan lebih banyak folat, namun dari makanan saja tidak cukup. Oleh karena itu, banyak suplemen kehamilan yang mengandung asam folat sebagai salah satu nutrisi penting. Bila tubuh kekurangan folat, maka oksigen tidak dapat diedarkan keseluruh tubuh. Kekurangan folat ini juga bisa menjadi penyebab cacat lahir, seperti kecacatan tabung saraf (NTD) atau rendahnya berat tubuh lahir.

- Kekurangan vitamin B12

Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah dengan baik. Jika Moms yang sedang hamil tidak bisa mendapatkan cukup vitamin B12, maka produksi sel darah merah juga terhambat. Anemia saat hamil karena kekurangan vitamin B12 ini juga lebih sering dialami oleh Moms yang tak mengonsumsi daging-dagingan, produk unggas, produk susu, dan telur. Tidak tercukupi nya nutrisi ini bisa menyebabkan cacat tabung saraf (NTD) dan juga lahir prematur.

 

Apa gejala anemia saat hamil?

Beberapa gejala anemia di masa kehamilan yang paling umumadalah:

- Kulit, bibir, dan kuku tampak pucat
- Mudah lelah dan lemas
- Keliyengan
- Nafas pendek
- Detak jantung cepat
- Memiliki masalah konsentrasi

 

Walaupun memiliki beberapa gejala, namun anemia saat hamil awalnya tak menunjukkan gejala yang tampak. Ditambah lagi, beberapa gejala tersebut dapat dialami juga oleh wanita hamil yang tidak mengalami anemia. Oleh karena itu, cek darah secara rutin di masa kehamilan dan jangan lupa untuk memenuhi nutrisi harian dengan makanan sehat bergizi serta suplemen khusus kehamilan.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga