Obat Demam! Salah Satu Cara Atasi Demam Tinggi pada Anak di Rumah

Website Biogesic Indonesia
Obat Demam! Salah Satu Cara Atasi Demam Tinggi pada Anak di Rumah
17 July 2023
Obat Demam! Salah Satu Cara Atasi Demam Tinggi pada Anak di Rumah

Demam adalah kondisi umum yang dialami oleh anak-anak. Obat demam seringkali dikaitkan menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Demam tidak selalu menjadi hal yang mengkhawatirkan karena demam sebenarnya adalah respon yang dialami oleh tubuh ketika terjadi suatu infeksi yang menyerang anggota tubuh. Namun Ketika suhu tubuh pada anak sudah naik di atas batas normal, biasanya para orang tua seringkali khawatir dan mencari berbagai cara untuk meredakan demam pada anak, terlebih mengenai obat demam yang harus dikonsumsi oleh anak. Berikut pembahasan mengenai cara mengatasi demam tinggi pada anak di rumah :

Penyebab Demam pada Anak

Demam yang terjadi pada anak biasanya disebabkan oleh suhu tubuh yang meningkat akibat respon terhadap infeksi atau peradangan dalam tubuh. Menurut beberapa sumber, demam adalah mekanisme pertahanan tubuh yang membantu melawan infeksi dan mempercepat pemulihan. Namun apabila demam pada anak sudah mencapai tingkat yang tinggi sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pada anak, perlu dilakukan beberapa tindakan untuk membantu meredakan.

1. Berikan banyak cairan pada anak

Mempertahankan anak agar tetap terhidrasi adalah hal pertama yang perlu dilakukan saat anak mengalami demam tinggi. Demam seringkali membuat kondisi anak menjadi dehidrasi. Untuk itu, pastikan kebutuhan cairan pada anak terpenuhi saat demam tinggi. Berikan anak cairan yang cukup seperti air putih, jus, atau kuah kaldu hangat untuk membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi yang mampu memperburuk kondisi anak saat mengalami demam tinggi.

2. Kompres anak saat mengalami demam tinggi

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik kompres untuk menurunkan suhu tubuh anak. Kompres air hangat dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh anak secara alami. Kompres anak dengan kain bersih yang direndam oleh air hangat kuku. Peras dan tempelkan pada dahi, area panggung, dan juga ketiak. Ganti kompres secara teratur dengan yang baru untuk menjaga keefektivitasannya. Jangan kompres anak dengan suhu air yang panas karena hal tersebut dapat berbahaya pada kondisi kulit anak.

3. Obat demam pada anak

Hal yang paling penting untuk dilakukan selanjutnya adalah memberikan obat demam yang cocok untuk anak. Berikanlah obat demam yang telah direkomendasikan oleh dokter atau apoteker. Pilihlah obat demam seperti paracetamol yang aman untuk digunakan anak-anak dalam menurunkan suhu tubuh saat demam. Hindari untuk memberikan obat demam yang dijual bebas tanpa informasi keterangan obat yang jelas. Dan selalu gunakan dosis anjuran yang telah dianjurkan pada kemasan obat untuk menghindari efek samping pada obat secara berlebihan. Berikut tips memilih obat demam yang aman untuk anak:

  1. Pilihlah jenis obat demam yang memiliki dosis khusus untuk anak-anak.
  2. Untuk anak-anak pilih obat demam yang mudah dikonsumsi, misalnya obat batuk dalam sediaan sirup
  3. Obat demam yang sudah terpercaya dan direkomendasikan oleh para dokter
  4. Pilih obat demam yang mengandung 100% paracetamol karena paracetamol aman digunakan pada berbagai kelompok umur. Dengan dosis dan penggunaan yang tepat , paracetamol jarang menimbulkan efek samping

Apabila demam tak kunjung reda dan menimbulkan gejala-gejala seperti sesak napas, kejang, atau penurunan kesadaran, segera hubungi tenaga medis atau dokter anak untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Perhatikan kebersihan pada anak

Selain dengan cara penanganan yang tepat, memperhatikan kebersihan pada anak mulai dari kebiasaan dan lingkungannya juga merupakan hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi demam tinggi pada anak. Pastikan ruangan tempat anak berada dalam kondisi bersih dan nyaman dengan suhu yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu penting juga untuk mengajarkan kebiasaan baik seperti mencuci tangan dengan sabun, tidak mengkonsumsi makanan tidak sehat, dan menghindari kontak dengan orang luar saat mengalami demam. Hal tersebut dikarenakan bakteri atau kotoran dari luar bisa memperburuk kondisi demam.

5. Menjadi Ibu Bijak saat anak demam

Dalam menghadapi demam tinggi pada anak, sikap ibu juga penting untuk diperhatikan. Tetaplah tenang dan waspada akan gejala-gejala yang timbul. Berikan perhatian lebih dan perawatan yang baik untuk anak. Pilihlah obat yang sesuai dan aman untuk dikonsumsi anak dan lakukanlah cara-cara alami untuk membantu anak menurunkan suhu tubuh saat demam tinggi. Lakukanlah konsultasi dengan dokter anak untuk masalah atau gejala serius yang dihadapi oleh anak.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi demam tinggi pada anak. Tetap perhatikan tanda-tanda bahaya saat demam dan lakukan perawatan dengan baik dan cermat agar demam segera mereda.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga