Tips Mengatasi Rasa Nyeri Haid

Website Biogesic Indonesia
Tips Mengatasi Rasa Nyeri Haid
04 May 2023
Tips Mengatasi Rasa Nyeri Haid

Rasa nyeri haid pada saat menstruasi adalah keluhan yang meresahkan bagi setiap wanita. Biasanya, hal ini terjadi pada awal masa menstruasi dan hal tersebut dapat mengganggu aktivitas setiap wanita.

Faktor penyebab nyeri haid saat menstruasi

Beberapa fakta mengungkapkan, nyeri haid yang dirasakan setiap wanita saat menstruasi disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

  1. Kadar prostaglandin (biasa dikenal sebagai zat lemak yang mirip dengan hormon) meningkat di hari pertama menstruasi.
  2. Usia pada wanita apabila haid sebelum berusia 11 tahun
  3. Darah yang keluar saat menstruasi rentan banyak
  4. Siklus haid yang tidak menentu setiap bulannya
  5. Kebiasaan merokok dan kurang mengkonsumsi sayuran
  6. Stress berlebihan.

Faktor-faktor di atas dapat diatasi dengan berbagai cara untuk mengurangi nyeri yang dirasakan oleh setiap wanita saat haid. Bila Anda mulai terganggu dengan nyeri haid yang berlebihan, anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk meredakannya:

  1. Kompres Air Hangat

Memberikan kompres dengan air hangat di area perut dan punggung bagian bawah dapat meredakan nyeri pada haid. Hal tersebut dikarenakan air hangat dipercaya dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi rasa nyeri pada tubuh. Lakukan kompres dengan handuk bersih selama 15-20 menit sebanyak 3x dalam sehari. Anda juga bisa menggunakan bantal penghangat sebagai pengganti.

  1. Membuat pijatan lembut di area perut

Sama halnya dengan kompres air hangat, pijatan perut juga dipercaya mampu meredakan nyeri haid yang berlebihan. Melakukan pijatan dapat membuat otot di seluruh tubuh lebih rileks dan membuat anda mengurangi stress yang berlebihan. Melakukan pijatan lembut bisa Anda lakukan secara perlahan dengan minyak. Umumnya, minyak yang bisa Anda gunakan yaitu campuran minyak kelapa dengan minyak esensial yang memiliki sifat anti nyeri alami yang baik untuk membantu meredakan nyeri haid. Lakukan pijat perut dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 5 menit setiap hari sebelum dan selama periode haid untuk relaksasi otot dan efek sedasi.

  1. Perbanyak air putih untuk mencukupi cairan tubuh

Nyeri atau kram saat haid bisa terjadi karena kekurangan dehidrasi atau cairan tubuh. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih minimal 2 liter per harinya. Selain sebagai cairan tubuh, Air putih hangat juga dapat bekerja untuk meningkatkan aliran darah di sekitar tubuh serta meredakan otot-otot yang kram.

  1. Konsumsi makanan sehat dan hindari makanan tertentu

Selama haid, ada baiknya Anda membatasi asupan makanan yang bisa membuat perut mengalami kelebihan cairan tubuh. Cairan dalam tubuh manusia harus dalam porsi yang pas tidak kekurangan maupun berlebihan. Untuk menghindari rasa nyeri saat haid, usahakan hindari makanan asin dan berlemak serta minuman berkafein, bersoda, dan beralkohol. Hal tersebut bertujuan untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi kram pada perut. Konsumsi makanan-makanan sehat dan bergizi seperti sayuran, kacang-kacangan, susu, dan buah-buahan agar tubuh menjadi lebih rileks.

  1. Rutin melakukan olahraga ringan

Saat haid, bukan berarti Anda tidak boleh melakukan aktivitas olahraga, ya. Olahraga sangat disarankan untuk dilakukan saat masa haid karena dengan berolahraga, rasa sakit dan kram di perut dapat berkurang. Sebuah penelitian membuktikan bahwa rutin berolahraga selama 30 menit dalam 1 minggu dipercaya mampu memperbaiki gejala nyeri haid yang cukup signifikan. Lakukan latihan ringan seperti berjalan kaki dan melakukan gerakan-gerakan postur yang direkomendasikan para ahli saat haid. Rutin melakukan aktivitas olahraga, juga memicu Anda untuk lebih semangat menjalani aktivitas dan membuat badan Anda tetap ideal.

  1. Mengendalikan stress

Stress adalah faktor pemicu terjadinya nyeri pada haid. Suasana pikiran yang kacau dan stress yang berlebihan dapat membuat tingkat kram pada perut semakin meningkat. Untuk itu, Anda bisa mengurangi stress dengan melakukan meditasi atau melakukan aktivitas yang Anda sukai. Lakukan segala kegiatan yang dapat membuat mood Anda semakin membaik dan hindari memikirkan hal-hal yang berlebihan agar pikiran menjadi lebih rileks.

  1. Mengkonsumsi obat pereda nyeri

Jika cara diatas sudah Anda lakukan dan belum meredakan nyeri, cobalah mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol yang efektif menghilangkan rasa nyeri saat haid. Hal tersebut berguna untuk meredakan nyeri yang berlebihan saat haid. Pilihlah obat yang aman untuk dikonsumsi dan teruji kebenarannya. Jangan minum obat yang tidak jelas produksi dan kebenarannya karena akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk tubuh.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga