Sakit Kepala Hingga Demam Saat Haid? Normalkah?

Website Biogesic Indonesia
Sakit Kepala Hingga Demam Saat Haid? Normalkah?
26 February 2021
Sakit Kepala Hingga Demam Saat Haid? Normalkah?

Sering merasa pusing hingga demam saat haid? Tenang, Moms! Hal tersebut normal terjadi, kok! Pada beberapa orang, gejala mirip flu umum dialami, bahkan hingga disebut sebagai “flu haid”. Walaupun begitu, flu haid ini bukan sebuah penyakit yang berhubungan dengan virus influenza yang jadi penyebab flu pada umumnya, ya. Seperti namanya, kondisi ini dapat terjadi secara rutin menjelang periode menstruasi.

Gejala flu haid

Gejala yang dialami hampir serupa dengan sakit flu pada umumnya, namun setiap orang mungkin mengalami hal berbeda. Perbedaan gejala ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormon sesuai masing-masing individu, namun umumnya termasuk:

  • Mual
  • Pusing
  • Kliyengan
  • Diare
  • Konstipasi
  • Kelelahan
  • Nyeri otot
  • Kram
  • Demam atau menggigil

Mengapa flu haid bisa terjadi?

Walaupun tidak diketahui secara jelas, namun fluktuasi hormon merupakan hal yang paling mungkin menjadi penyebabnya. Sebelum periode haid, prostaglandin, yakni asam lemak yang menyerupai hormon diproduksi untuk membantu uterus dalam proses peluruhan. Selain estrogen, prostaglandin yang berlebih akan masuk ke aliran darah yang lalu menyebabkan kram hingga perut kembung. Nah, adanya perubahan karena hormon ini juga mengawali serangkaian gejala seperti sakit kepala, Moms!

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi flu haid, Moms dapat menerapkan beberapa cara ini:

  1. Menggunakan kompres hangat pada bagian perut bawah selama 15 menit untuk mengurangi nyeri otot dan kram.
  2. Mengonsumsi obat peredea nyeri, seperti Biogesic yang mengandung 500 mg Paracetamol yang aman diminum sesuai indikasi dan aturan pakai untuk meredakan pusing, nyeri otot, hingga demam.
  3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum lebih banyak dari hari biasanya. Saat PMS, mengidam makan makanan asin juga mungkin menyebabkan pusing jika dikonsumsi berlebihan. Untuk itu, jaga keseimbangan tubuh dengan minum air putih, ya.

Sudah tahu, kan, bahwa sakit kepala hingga demam itu bisa saja muncul karena perubahan hormon menjelang haid? Tetap jaga kesehatan dan selalu sedia Biogesic sebagai pertolongan pertama keluarga agar terbebas dari sakit kepala!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga