Pusing karena Terkena Hujan? Ini Alasannya!

Website Biogesic Indonesia
Pusing karena Terkena Hujan? Ini Alasannya!
26 February 2021
Pusing karena Terkena Hujan? Ini Alasannya!

“Awas, kena hujan nanti pusing, lho!”

Pernahkah Moms mendengar orang lain atau bahkan mengatakan hal serupa? Adanya mitos tentang air hujan yang jadi penyebab pusing ternyata bukan tanpa dasar yang jelas, Moms! Kira-kira apa yang jadi penyebab hal tersebut dan apakah air hujan penyebab pusing hanya mitos belaka?

Udara dingin

Saat hujan turun, temperatur udara menurun dan menyebabkan cuaca lebih dingin. Hal ini sangat berpengaruh karena suhu udara yang rendah bisa menyebabkan sistem imun menurun juga. Bagi orang yang tinggal di daerah tropis dan terbiasa dengan udara hangat, udara dingin bisa jadi salah satu “musuh” yang membuat tubuh merespon dengan menimbulkan sakit di kepala, bahkan demam.

Daya tahan tubuh

Bukan hanya hujan yang jadi penyebabnya, tapi daya tahan tubuh juga berpengaruh! Beberapa orang, khususnya yang memiliki daya tahan tubuh rendah lebih mudah terserang sakit kepala usai terkena tetesan hujan walaupun tak membasahi seluruh tubuh. Mulai dari kurang tidur, stres, banyak mengonsumsi junk food, hingga tidak rutin berolahraga bisa menjadi awal sakit kepala saat terkena air hujan.

Barometric pressure headache

Saat hujan, pusing yang Moms derita bisa jadi termasuk barometric pressure headache. Sakit kepala ini terjadi karena adanya tekanan di sinus yang berisi udara yang disebabkan perubahan cuaca, seperti hujan atau udara lembap. Pusing jenis ini hampir mirip gejalanya seperti sakit kepala pada umumnya atau migrain. Tetapi, di beberapa kasus dapat juga disertai:

  • Mual dan muntah
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Terasa kaku di bagian wajah dan leher
  • Nyeri di kedua sisi pelipis

Untuk mengatasi sakit kepala karena terkena hujan, Moms dan keluarga dapat mengonsumsi Biogesic dengan kandungan Paracetamol 500 mg. Biogesic juga aman digunakan ibu hamil bila diminum sesuai indikasi dan aturan pakai. Jangan lupa untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga secara rutin, menggunakan pakaian hangat saat udara mulai dingin, dan jaga tingkat stres dengan melakukan aktivitas favorit bersama keluarga!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga