Pahami Bahaya Sakit Gigi jika Tidak Diobati

Website Biogesic Indonesia
Pahami Bahaya Sakit Gigi jika Tidak Diobati
27 May 2023
Pahami Bahaya Sakit Gigi jika Tidak Diobati

Sakit gigi merupakan gangguan penyakit yang sangat kerap terjadi, namun sakit gigi ini kerap disepelekan karena dianggap dapat sembuh dengan sendirinya dengan menggunakan pengobatan sederhana. Tapi tahukah kamu sakit gigi yang tak kunjung diobati bisa berisiko hingga menyebabkan kematian? Maka dari itu ayo pahami bahaya sakit gigi jika tidak kunjung diobati!

Pada umumnya sakit gigi hanya akan menyebabkan hilangnya nafsu makan, sakit kepala, nyeri pada gusi hingga bengkak pada bagian pipi. Namun ternyata tidak hanya itu, sakit gigi juga dapat memicu berbagai jenis penyakit serius yang dapat merusak kesehatan tubuh. Kondisi ini biasanya dipicu oleh berbagai hal seperti tumbuh gigi, gigi berlubang, dan juga peradangan pulpa atau bagian tengah pada gigi. Jika masih dalam tahapan ringan, sakit gigi bisa disembuhkan dengan melakukan pengobatan sederhana seperti kumur air garam, kompres dingin dan minum obat penghilang nyeri. Namun jika nyeri tak kunjung reda, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Bahaya sakit gigi yang tak kunjung diobati

Sakit gigi yang diabaikan bukan hanya menimbulkan rasa sakit yang cukup hebat, namun kondisi ini bisa berkembang menjadi infeksi yang menjalar ke bagian gigi lainnya. Seiring menyebarnya infeksi ke bagian gigi lain, kondisi ini dapat menyebabkan abses, kehilangan gigi, infeksi gusi dan masih banyak lagi, dan yang paling parah infeksi dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Berikut tanda-tanda infeksi gigi yang harus kamu waspadai:

  • Gigi lebih sensitif terhadap makanan dan minuman panas atau dingin.
  • Nyeri pada gigi hingga berdenyut.
  • Rasa sakit yang memburuk saat berbaring.
  • Pembengkakan pada pipi.
  • Kelenjar getah bening lunak hingga bengkak di leher.
  • Bau Mulut.

Jika tak segera ditangani, infeksi pada gigi ini dapat menjalar ke bagian tubuh lainnya dan dapat menyebabkan kematian dengan tanda-tanda :

  • Tidak enak badan.
  • Sakit kepala.
  • Merasakan kelelahan.
  • Pembengkakan pada wajah, mulut hingga tenggorokan. Hal ini dapat mengganggu aktivitas kamu terutama ketika membuka mulut dan menelan.
  • Kesulitan bernapas.
  • Denyut nadi yang lebih cepat.

Pertolongan pertama pada sakit gigi

Sakit gigi merupakan gangguan kesehatan yang tak kenal tempat dan waktu. Kondisi ini bisa menyerang kamu kapan saja. Oleh karena itu, guna mengurangi nyerinya untuk sementara waktu. Kamu bisa melakukan pengobatan sederhana seperti berikut:

  1. Kumur air garam
    Kumur dengan air garam dapat membersihkan segala macam kotoran yang menempel di sela-sela gigi. Air asin bisa bertindak sebagai desinfektan yang dapat mengurangi peradangan. Caranya pun sangat mudah, cukup campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan kumur-kumur selama beberapa menit hingga bersih.
  2. Kumur dengan larutan hidrogen peroksida
    Hidrogen peroksida adalah sebuah senyawa kuat yang bisa digunakan sebagai cairan anti infeksi, pemutih, pasta gigi dan masih banyak lagi. Senyawa ini mempunyai komponen utama oksigen dan hidrogen yang dapat larut ke dalam air. Caranya adalah dengan melarutkan hidrogen peroksida dengan air, dengan perbandingan satu banding satu hingga bersih.
  3. Kompres dingin
    Kompres dingin pada area yang nyeri atau bengkak. Jangan menempelkan es langsung pada kulit, tapi balutkan handuk terlebih dahulu, lalu tempelkan pada bagian yang nyeri selama 20 menit. Ulangi setiap beberapa jam hingga nyerinya mereda.
  4. Konsumsi obat penghilang nyeri
    Ada beberapa jenis obat penghilang nyeri yang bisa didapatkan tanpa resep dokter. Namun perlu dipahami terlebih dahulu cara kerja dan keamanan dari masing-masing obat, agar kamu bisa menentukan mana obat penghilang nyeri yang paling ampuh. Berikut penjelasannya:
  • Paracetamol
    Paracetamol adalah obat penghilang nyeri yang paling dianjurkan karena mempunyai efek samping paling minim. Cara kerja paracetamol adalah dengan mengurangi produksi prostaglandin pada otak. Prostaglandin adalah senyawa kimia yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan pembengkakan. Meskipun begitu, paracetamol tetap mempunyai efek samping seperti jenis lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan seperti terjadinya kerusakan pada hati.

Setelah kita tahu begitu bahayanya sakit gigi jika diabaikan, alangkah baiknya kita tidak menyepelekan gangguan kesehatan satu ini dan segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Memang tidak semua sakit gigi merupakan masalah kesehatan yang serius, namun sebaiknya melakukan perawatan terlebih dahulu sebelum kondisi semakin memburuk.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga