Merokok! Jadi Salah Satu Penyebab Sakit Gigi

Website Biogesic Indonesia
Merokok! Jadi Salah Satu Penyebab Sakit Gigi
05 May 2023
Merokok! Jadi Salah Satu Penyebab Sakit Gigi

 Sakit gigi adalah salah satu dampak dari merokok, bahkan sudah digambarkan dengan jelas pada bungkus rokok itu sendiri. Tak hanya meningkatkan resiko kanker paru, serangan jantung, stroke, masalah kehamilan dan impotensi, merokok juga dapat mengganggu kesehatan pada mulut dan gigi. Maka dari itu, yuk kenali bahaya merokok bagi kesehatan mulut!

Banyak orang yang menyepelekan kebersihan pada area gigi dan mulut, tanpa mereka sadari gigi dan mulut mempunyai banyak fungsi untuk manusia, mulai dari berbicara hingga mengkonsumsi makanan dan minuman. Pasalnya, terganggunya kesehatan gigi dan mulut kita bisa berdampak juga pada kesehatan tubuh kita secara menyeluruh.

Menurut dokter spesialis periodonsia, perokok aktif lebih rentan alami periodontitis. Kondisi ini adalah adanya infeksi pada gusi yang dapat merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Paling sedikit ada tiga macam bakteri yang selalu ada pada rongga mulut seorang perokok, dan jika didiamkan bisa menyebabkan peradangan pada gusi. Selain itu merokok juga dapat menghambat aliran darah ke gusi, sehingga gusi kekurangan nutrisi dan rentan mengalami infeksi. Peradangan pada gusi ini biasanya disebabkan adanya kandungan nikotin pada rokok. Nikotin dapat membuat sistem imun kita menurun sehingga perlawanan akan bakteri juga ikut melemah.

Jika Anda seorang perokok, Anda perlu waspada akan adanya gejala-gejala seseorang terkena periodontitis seperti di bawah ini:

  • Merasakan nyeri saat mengunyah makanan
  • Gusi bengkak disertai perubahan warna menjadi merah keunguan
  • Gusi terasa lunak saat disentuh
  • Munculnya plak dan karang gigi
  • Mulut terasa tidak enak dan nafas menjadi bau
  • Penyusutan gusi yang ditandai dengan ukuran gigi yang lebih tinggi dari biasanya
  • Keluarnya nanah pada tepi-tepi gusi
  • Jarak antar gigi terasa lebih renggang
  • Tanggalnya gigi

Sakit gigi adalah dampak dari merokok

Berikut adalah beberapa masalah pada gigi dan mulut yang bisa dialami oleh seorang perokok aktif:

  • Kerusakan pada gigi

Kerusakan pada gigi adalah dampak negatif yang dihasilkan dari merokok. Selain merusak kesehatan mulut dan gigi, merokok dapat meningkatkan jumlah plak gigi di dalam mulut. Hal itu para perokok aktif menjadi mudah mengalami kerusakan pada gigi. Maka dari itu, untuk menghindari kerusakan yang semakin parah pada gigi, mulai biasakan diri untuk tidak merokok demi menjaga kesehatan gigi dan mulut.

  • Radang pada gusi

Penumpukan plak pada gigi yang disebabkan oleh perokok yang aktif tidak hanya membuat kerusakan pada gigi, melainkan juga radang pada gusi yang disebabkan oleh menumpuknya plak pada gigi. Jika terus dibiarkan begitu saja, itu dapat membuat radang gusi akan menjadi semakin berkembang dan membuat infeksi yang lebih parah hingga ke jaringan penyangga gigi atau biasanya dikenal dengan istilah periodontitis.

  • Gigi menjadi tanggal

Bahaya merokok untuk kesehatan gigi tidak hanya berhenti disitu saja. Bahaya pada kesehatan gigi yang disebabkan oleh perokok aktif juga bisa membuat gigi menjadi tanggal atau terlepas dari songketnya. Kondisi tersebut dapat terjadi apabila infeksi pada jaringan penyangga gigi tidak segera diobati sehingga merusak jaringan lain seperti jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Hal itu menyebabkan gigi menjadi goyang dan tidak melekat dengan baik ke tulang penyangga.

  • Noda dan bau mulut pada gigi

Dampak merokok ini terjadi akibat adanya kandungan nikotin di dalam rokok yang meninggalkan noda pada gigi sehingga membuat perubahan warna pada gigi secara meluruh. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga dapat membuat gigi menjadi bau. Bau mulut merupakan akibat dari kebiasaan merokok yang paling umum terjadi. Pasalnya, bau mulut pada perokok yang aktif disebabkan karena kandungan nikotin tersebut mengendap di dalam rongga mulut yang bisa membuat mulut menjadi mudah kering dan berbau.

  • Kanker mulut

Untuk masalah yang lebih serius, bahaya dari merokok ini ada dapat menyebabkan kanker mulut. Kanker mulut terjadi karena berbagai kandungan zat kimia dalam sebatang rokok dapat membuat iritasi pada jaringan di sekitar mulut dan memicu terjadinya pertumbuhan sel kanker di dalamnya.

Dari bahaya-bahaya di atas, kita mengetahui begitu banyak dampak negatif yang terjadi akibat merokok. Untuk itu, mari mulai biasakan diri untuk berhenti merokok dan merawat kesehatan gigi dan mulut.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga