Tak Hanya Orang Dewasa, Si Kecil Juga Bisa Stres, Moms!

Website Biogesic Indonesia
Tak Hanya Orang Dewasa, Si Kecil Juga Bisa Stres, Moms!
21 June 2022
Tak Hanya Orang Dewasa, Si Kecil Juga Bisa Stres, Moms!

Stres merupakan salah satu hal yang seringkali dialami oleh orang dewasa dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, ternyata tak hanya orang dewasa saja. Anak juga bisa mengalami stres sewaktu-waktu. Stres merupakan respon normal terhadap perubahan dan tantangan yang dihadapi, khususnya di masa kanak-kanak, hal ini dapat terjadi terutama jika mereka tak tahu apa yang harus dilakukan.

 

Bisakah stres dapat membawa dampak positif?

Dalam beberapa kasus, stres dapat menjadi pemicu untuk melakukan yang lebih baik. Hal tersebut dapat mendorong mereka untuk meraih hal yang diinginkan, fokus terhadap usahanya, dan mencapainya tepat waktu. Jenis stres yang positif ini dapat membantu Si Kecil untuk membangun kepercayaan diri yang besar, mengasah kemampuan, dan ketahanan diri. Tapi ingat, hal terpenting untuk menjadikan stres sebagai suatu yang positif adalah dukungan keluarga. Tanpa adanya dukungan, maka hal ini malah bisa menjadi negatif bagi buah hati.

 

Kapan stres dapat berpengaruh buruk?

Stres atau perubahan yang terlalu mendadak, drastis, atau berlangsung dalam waktu lama bisa jadi terlalu berat untuk dihadapi Si Kecil. Stres dapat berubah menjadi hal berbahaya saat ia tak punya waktu untuk istirahat sejenak atau jika tak mendapatkan dukungan dari keluarga. Selain itu, jika ia tidak memiliki kesempatan atau tempat bercerita yang bisa membantunya mengatasi stres, maka hal ini dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisiknya.

 

Bagaimana mencegah stres pada anak?

Sebagai orang tua, Moms tidak bisa mencegah Si Kecil untuk mengalami stres. Namun, Moms dan keluarga dapat membantu dan menemaninya agar bisa melalui masa-masa tersebut dengan lebih mudah, misalnya dengan:

- Berikan dukungan penuh dan pastikan ia merasa dirinya terlindungi
- Lindungi Si Kecil dari efek buruk stres berlebihan serta coba untuk menemukan masalah dan solusinya
- Bantu buah hati untuk mengubahnya menjadi lebih positif agar bisa fokus kepada tujuan hingga membangun kepercayaan dirinya
- Yakinkan bahwa apa yang ia rasakan valid dan bisa terjadi pada siapa pun
- Dengarkan keluh-kesah Si Kecil dan tenangkan dirinya dengan kata-kata dan perilaku yang baik

 

Apakah Si Kecil pernah mengalami masa-masa stres? Apa saja yang Moms lakukan untuk membantu buah hati untuk melewatinya? Jangan lupa, Moms harus selalu menganggap perasaan Si Kecil sebagai suatu hal yang penting agar ia lebih terbuka serta lebih mudah mengeluarkan pikiran dan perasaan yang mengganjal yang menjadi penyebab stres.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga