Olahraga Dapat Membantu Kurangi Intensitas Sakit Kepala?

Website Biogesic Indonesia
Olahraga Dapat Membantu Kurangi Intensitas Sakit Kepala?
11 July 2022
Olahraga Dapat Membantu Kurangi Intensitas Sakit Kepala?

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan, khususnya di saat-saat seperti ini. Tubuh membutuhkan olahraga agar kesehatannya terjaga dan juga mengurangi risiko beberapa penyakit, salah satunya sakit kepala. Bagi yang sering mengalami sakit kepala, pastinya merasa terganggu jika nyeri tersebut menyerang, apalagi saat harus beraktivitas. Namun, olahraga dipercaya sebagai salah satu kegiatan yang bisa mengurangi intensitas sakit kepala, terutama migrain. Kira-kira olahraga apa saja yang baik untuk dilakukan?

 

Yoga

Umumnya, sakit kepala bisa disebabkan karena otot tegang, postur tubuh yang buruk, hingga stres. Beberapa penyebab ini biasa ditemukan pada Moms atau keluarga yang bekerja di kantor atau melakukan WFH (work from home). Khususnya bagi yang tidak biasa melakukan olahraga ekstrem, yoga menjadi solusi tepat untuk meringankan sakit kepala yang hampir setiap hari dirasakan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga juga bisa membantu keseimbangan pikiran, tubuh, dan jiwa. Hal itu dapat membawa efek positif bagi mood sehari-hari, pengidap gangguan kecemasan, hingga stres. Namun, ingat bahwa yoga juga memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Mulai dari yang ringan dan jangan sampai olahraga satu ini malah membuatmu makin pusing karena terlalu sulit.

 

Stretching & latihan pernafasan

Jika yoga kurang cocok bagimu, lakukan saja stretching dan relaksasi otot yang diiringi dengan latihan pernafasan. Moms dan keluarga bisa mengatur sendiri latihan, misalnya 10 menit stretching setiap hari untuk meregangkan otot, terutama di sekitar leher dan bahu. Lalu, ikuti dengan pernafasan dalam menggunakan diafragma. Walaupun terlihat mudah, namun Moms harus menguasai teknik yang tepat. Selain itu, saat stres sebenarnya otot membutuhkan lebih banyak oksigen.

 

Olahraga aerobik

Beberapa contoh olahraga aerobik juga dapat membantu mengurangi sakit kepala. Moms dan keluarga dapat melakukan olahraga jogging, berjalan, berlari, atau bersepeda secara rutin untuk menikmati manfaatnya. Setidaknya, lakukan jalan kali atau jogging 30 menit setiap hari. Jika tidak bisa keluar rumah, Moms bisa berjalan cepat mengelilingi rumah sambil diiringi musik favorit.

 

Walaupun beberapa olahraga di atas bisa membantu mengurangi intensitas sakit kepala, namun saat nyeri tersebut muncul, redakan dengan Paracetamol 500mg. Paracetamol berfungsi untuk menutup sinyal rasa sakit ke otak dan aman digunakan sebagai pertolongan pertama pereda sakit. Selain itu, Paracetamol juga bisa dikonsumsi oleh hampir semua orang karena minim efek samping.

 

Jangan lupa untuk terus berolahraga agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari sakit kepala!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga