Liburan Tiba, Namun Anak Demam? Jangan Panik! Atasi dengan Obat Demam Sirup!

Website Biogesic Indonesia
Liburan Tiba, Namun Anak Demam? Jangan Panik! Atasi dengan Obat Demam Sirup!
11 August 2023
Liburan Tiba, Namun Anak Demam? Jangan Panik! Atasi dengan Obat Demam Sirup!

Liburan sekolah adalah waktu yang sangat dinanti-nantikan oleh anak-anak. Namun, kadang kala mungkin anak sering mengalami demam saat liburan. Dan hal itu membuat sebagian orang tua menjadi khawatir. Namun, tidak perlu panik. Dengan penanganan yang tepat, Anda dapat membantu anak mengatasi demam saat liburan.

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk meredakan demam pada anak adalah dengan memberikannya obat demam sirup. Obat demam sirup terbukti efektif dalam menurunkan suhu tubuh pada anak. Namun dalam penggunaannya juga perlu diperhatikan oleh setiap ibu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengatasi demam pada anak dengan obat demam sirup:

1. Tetap perhatikan gejala demam

Sebelum memutuskan untuk memberikan obat demam pada anak, penting untuk para ibu mengetahui gejala demam yang terjadi pada anak. Gejala yang paling umum terjadi saat anak demam meliputi suhu tubuh yang lebih dari 38 derajat celcius, kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan lesu. Jika anak sudah mengalami gejala di atas, Anda harus mulai antisipasi gejala dengan memberikan obat demam sirup kepada anak. Namun jika gejala yang dirasakan sudah lebih serius, Anda harus segera membawa anak ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

2. Konsultasi obat demam sirup dengan dokter

Sebelum memberikan obat demam untuk anak, pastikan Anda memberikan obat demam sirup yang sudah direkomendasikan oleh dokter. Rekomendasi obat demam sirup yang sudah direkomendasikan oleh dokter biasanya sudah dipercaya aman dan sesuai dengan dosis yang ditentukan untuk anak-anak. Dokter akan memberikan informasi mengenai dosis yang tepat, jenis obat demam sirup yang cocok, dan durasi penggunaan obat demam sirup. Selain itu konsultasi dengan dokter juga penting dilakukan untuk memastikan bahwa demam anak tidak disebabkan oleh kondisi yang lebih serius. Salah satu jenis obat demam sirup yang direkomendasikan oleh dokter adalah jenis obat demam paracetamol yang diperkaya aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

3. Pilih obat demam sirup yang tepat

Terdapat berbagai macam merek dan jenis obat demam sirup yang tersedia untuk anak. Hal ini yang membuat para orang tua harus lebih teliti dalam memilih obat demam yang sesuai. Ketika Anda memilih obat demam sirup untuk anak, pastikan Anda membaca informasi label pada kemasan dengan teliti dan memilih jenis obat yang cocok untuk anak Anda. Perhatikan kandungan di dalam obat dan pastikan anak tidak memiliki alergi terhadap bahan kandungan tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan dosis dan efek samping yang tertera pada kemasan obat. Pilihlah jenis obat yang memiliki efek samping lebih sedikit dan tetap aman untuk anak konsumsi seperti paracetamol.

4. Takaran obat yang tepat

Dalam memberikan obat demam sirup pada anak, sangat penting untuk memperhatikan alat ukur obat demam yang tepat. Hal tersebut bertujuan untuk membuat dosis yang diberikan kepada anak lebih akurat. Jangan gunakan sendok makan atau sendok teh sebagai pengukur dosis. Gunakanlah sendok takar yang sudah disediakan dalam kemasan obat atau gunakan alat ukur khusus yang disediakan di apotek. Anda harus lebih teliti dalam memberikan dosis pada obat demam sirup untuk anak agar menghindari gejala-gejala serius akibat kelebihan dosis.

5. Pemberian obat demam sirup secara teratur

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memberikan obat demam sirup pada anak adalah jadwal pemberian obat demam. Berikan obat demam sirup dengan teratur sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Pemberian obat demam sirup secara teratur bertujuan untuk menjaga efektivitas obat dan mengontrol suhu tubuh pada anak. Perlu diperhatikan juga, jangan memberikan obat demam secara terus menerus dalam waktu kurang dari 4 jam. Hal tersebut dikhawatirkan anak akan mengkonsumsi obat demam dengan dosis yang berlebihan.

Obat demam memang menjadi pilihan efektif dalam mengatasi demam pada anak saat liburan, namun perlu diingat bahwa setiap orang tua harus menggunakan obat dengan bijak dan mengikuti ketentuan petunjuk dengan baik dan benar. Selain memberikan obat demam, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan cara alami lainnya untuk meredakan demam seperti memastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup, tetap terhidrasi, dan dalam kondisi yang nyaman dengan memberikan pakaian yang nyaman digunakan serta kompres air hangat untuk menurunkan suhu tubuh. Apabila dengan penanganan di atas demam pada anak tidak kunjung reda, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga