5 Tips Hidup Sehat untuk Menjaga Keseimbangan Hormon Wanita | Biogesic

Website Biogesic Indonesia
5 Tips Gaya Hidup Sehat Jaga Keseimbangan Hormon Wanita
14 September 2020
5 Tips Gaya Hidup Sehat Jaga Keseimbangan Hormon Wanita

Efek dari perubahan hormon wanita bisa membuat Moms mengalami mood swing atau suasana hati yang tak menentu, seperti mudah marah, sedih, tersinggung, malas, bahkan depresi. Estrogen ialah jenis hormon yang erat kaitannya dengan perubahan suasana hati tersebut. Pasalnya, hormon estrogen juga ikut memengaruhi fungsi otak yang mengendalikan emosi dan suasana hati. Khususnya pada masa premenstrual syndrome (PMS), perubahan kadar estrogen menjelang haid akan memengaruhi kerja serotonin, yakni senyawa kimia di otak yang bertugas mengatur emosi dan suasana hati.

 

Berikut ini merupakan beberapa cara alami yang bisa Moms coba lakukan dalam membantu menyeimbangkan hormon:

 

1. Konsumsi lemak sehat

Hormon dipengaruhi oleh jumlah lemak dalam tubuh, jadi menyeimbangkan jumlah lemak yang masuk ke dalam tubuh Moms juga memengaruhi keseimbangan hormon. Mengonsumsi lebih banyak lemak sehat perlu dilakukan demi menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Pasalnya, sebagian besar orang mengonsumsi makanan mengandung lebih banyak lemak jahat daripada lemak baik. Pilihlah makanan kaya lemak sehat, seperti asam lemak omega 3 dan omega 6. Contoh beberapa makanan tersebut yaitu alpukat, salmon, kacang-kacangan, minyak nabati dari biji-bijian (minyak zaitun, minyak kedelai, minyak kanola, dan lainnya).

2. Tidur yang cukup dan jauhi stres

Kurang tidur bisa mengganggu ritme sirkadian tubuh dan membuat tubuh Moms stres, sehingga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Indian Journal of Endocrinology and Metabolism melaporkan bahwa, stres dapat menyebabkan perubahan kadar serum dalam beberapa hormon, seperti hormon glukokortikoid, katekolamin, hormon pertumbuhan, dan prolaktin. Kondisi ini kemudian dapat mengganggu kerja tubuh. Bagi orang dewasa disarankan untuk tidur sebanyak 7-8 setiap malam. Kualitas tidur yang baik dapat memberi waktu bagi tubuh dalam memperbaiki sel yang rusak, membangun energi, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menjaga keseimbangan hormon.

3. Jaga kesehatan pencernaan

Dikutip dari Kompas Health, kesehatan pencernaan ternyata memiliki pengaruh cukup besar pada sistem kekebalan tubuh dan sistem hormon tubuh, lho. Hindarilah makanan yang dapat menyebabkan kerusakan sistem pencernaan demi menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Salah satu kunci pentingnya yaitu menghindari konsumsi makanan apapun dalam jumlah berlebih. Contohnya, mengonsumsi gula atau makanan yang mengandung gula secara berlebihan.

4. Lakukan olahraga secara rutin

Aktivitas fisik sehat sangat penting membantu menyeimbangkan hormon tubuh. Olahraga dapat memperkuat sistem endokrin yang mengatur hormon dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga turut mengurangi stres, membantu tidur lebih baik, dan menjaga berat badan kamu. Lakukan aktivitas tubuh yang dimulai dari hal ringan, seperti jogging atau bersih-bersih rumah rutin. Bila terlalu berat justru dapat membuat tubuh Moms stres, sehingga berisiko mengganggu keseimbangan hormon. Lakukanlah olahraga semampu Moms dan sesuaikan kondisi tubuh sebab berbeda pada setiap orang.

5. Hindari bahan kimia berbahaya

Adanya bahan kimia berbahaya yang masuk dalam tubuh bisa berisiko mengganggu keseimbangan hormon Moms. Misalnya saja dari makanan yang mengandung pestisida atau konsumsi obat yang tidak tepat. Kalau mengalami sakit kepala atau tidak enak badan Moms sebaiknya pilih Biogesic, obat yang mengandung paracetamol yang bekerja sebagai pereda nyeri (analgesik) dan penurun panas (antipiretik). Di dalamnya mengandung 500 mg Paracetamol, aman untuk anak-anak, ibu hamil dan menyusui, maupun lanjut usia, jika diminum sesuai indikasi dan aturan pakai. Jadi jangan sampai salah pilih ya!

 

Jaga keseimbangan hormon Moms dan imun tubuh dari sekarang yuk, apalagi di masa pandemi seperti ini. Stay healthy for Moms and family!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga