Apa Itu Mindful Pregnancy dan Apakah Manfaatnya?

Website Biogesic Indonesia
Apa Itu Mindful Pregnancy dan Apakah Manfaatnya?
11 July 2022
Apa Itu Mindful Pregnancy dan Apakah Manfaatnya?

Selama sekitar 40 minggu mengandung, tidak ada Moms yang tampak glowing 24/7. Pasti ada berbagai momen yang membuat Moms khawatir, entah itu soal kehamilan dan kelahiran, soal daftar kebutuhan Si Kecil, hingga soal perubahan fisik seperti kaki yang bengkak dan punggung yang cepat lelah. Kekhawatiran ini sejatinya bisa diatasi dengan mindful pregnancy, yaitu menjalani kehamilan dengan kesadaran penuh dan fokus pada masa kini terlebih dahulu tanpa mengkhawatirkan tentang masa lalu atau masa depan. Lantas, apa saja manfaat dari mindful pregnancy ini?

 

  1. Mengurangi stres dan cemas berlebihan

Sebuah studi tahun 2008 dan 2012 oleh para ahli di Amerika Serikat, beberapa wanita hamil berpartisipasi pada program Mindful Motherhood, yang meliputi meditasi pernapasan, meditasi pemindaian tubuh, dan yoga hatha. Dalam dua jam kelas per minggu, peserta juga belajar bagaimana menumbuhkan perhatian dan kesadaran, terutama yang berkaitan dengan aspek kehamilan mereka: kondisi perut, sakit dan nyeri, dan kecemasan tentang persalinan. Perlahan angka stres dan kecemasan yang dirasakan para wanita tersebut cenderung turun dan mereka bisa lebih percaya diri menghadapi proses kehamilan maupun persalinan.

 

  1. Meningkatkan perasaan positif

Moms juga bisa menjadi lebih sadar dengan memperhatikan bagaimana suasana hati dan sensasi tubuh berfluktuasi sepanjang hari. Jenis perhatian ini dapat melawan kecenderungan Moms menjadi “mindless”. Banyak ibu hamil mengira kehamilan adalah fase melelahkan dan menyakitkan, sehingga kurang memperhatikan saat-saat bahagia dan damai. Dengan memahami dan menyadari suasana hati, entah itu baik atau buruk, sejatinya akan berlalu dan bisa dijalani dengan baik.

 

  1. Mengurangi risiko kelahiran prematur

Di antara kekhawatiran ibu hamil, kelahiran prematur cukup besar menjadi perhatian. Bayi prematur (bayi yang lahir sebelum 37 minggu) berisiko mengalami masalah pernapasan, masalah penglihatan dan pendengaran, serta keterlambatan perkembangan. Pada beberapa studi, ibu dari bayi prematur memiliki tingkat kecemasan, depresi, dan stres yang tinggi, yang seringkali tidak disadari dalam menghadapi kebutuhan bayi. Dengan adanya ketenangan dan lebih mindful saat hamil, risiko prematur tersebut lebih dapat dicegah,

 

  1. Meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan

Hingga persalinan dan Si Kecil tumbuh, tubuh Moms juga akan lebih sehat karena tidak ada beban pikiran ataupun rasa cemas berlebihan. Ini bisa menjadi bonus bagi Moms karena selama mengasuh Si Kecil pun ia akan menjadi lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan karena adanya keteraturan diri serta mampu mengendalikan perhatian serta kebiasaan.

 

Mulailah mindful pregnancy dengan cara lebih peduli pada kesehatan kehamilan Moms sendiri dibandingkan opini orang yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Praktikkan teknik pernapasan dan meditasi lebih sering untuk menjauhkan pikiran dari hal buruk. Nikmati kedamaian dan masa naik-turun kehamilan tersebut.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga