Kurangi Tingkat Stres dengan Gaya Hidup Minimalis

Website Biogesic Indonesia
Kurangi Tingkat Stres dengan Gaya Hidup Minimalis
15 August 2022
Kurangi Tingkat Stres dengan Gaya Hidup Minimalis

Stres yang terus terakumulasi karena beragam hal yang terjadi dalam hidup dapat memengaruhi kesehatan fisik. Tak jarang pula, lingkungan dan apa yang dimiliki malah menjadi faktor pendukung meningkatnya stres. Untuk menjaga kesehatan mental dan juga fisik, gaya hidup minimalis (minimalism) dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk melatih diri agar lebih terorganisir dan merasa tenang.

 

Apa itu minimalism?

Walaupun memiliki definisi yang cukup luas, namun secara umum gaya hidup ini berfokus pada hidup dengan apa yang dibutuhkan dan menyingkirkan yang tak begitu diperlukan. Hal ini dapat berarti menahan diri untuk tidak membeli barang baru yang tidak begitu penting, tidak mengganti gadget baru segera setelah model baru rilis. Intinya, minimalis berarti lebih banyak untuk kehidupanmu dengan dikelilingi hal-hal yang lebih sedikit dari biasanya.

 

Manfaat gaya hidup minimalis

Dengan mengurangi dan menahan diri membeli barang-barang yang tidak begitu krusial bagi kehidupanmu, ada beberapa manfaat yang bisa didapat, antara lain:

  1. Lebih banyak tabungan

Benefit yang paling terasa segera setelah Moms menerapkan gaya hidup ini adalah kamu memiliki lebih banyak tabungan. Dengan memiliki lebih banyak uang untuk ditabung, Moms bisa terbebas dari stres karena merasa aman secara finansial dengan tabungan yang mencukupi. Tak hanya menahan untuk tidak membeli barang baru yang kurang berguna, kamu juga bisa menyingkirkan berbagai barang milikmu yang masih layak dengan cara menjualnya dan lihat seberapa banyak uang yang kamu hasilkan.

  1. Lebih sedikit barang yang dimiliki, stres lebih rendah

Dengan hanya dikelilingi barang yang benar-benar diperlukan, Moms bisa menurunkan tingkat stres. Misalnya saja, jadi tidak memiliki beban utang, membereskan rumah jadi lebih ringan, serta memiliki keinginan sesaat yang lebih rendah sehingga tak ada lagi rasa cemas tertinggal tren terkini. Beberapa hal ini mungkin dirasa sangat sederhana, namun memiliki dampak yang cukup besar dalam kehidupan jika benar-benar dijalankan.

  1. Lebih minimalis, lingkungan lebih bersih

Jika biasanya ada berbagai tumpukan barang tak terpakai di rumah, kini Moms tidak perlu lagi stres akan hal tersebut. Dengan menyingkirkan barang-barang tersebut, rumah jadi terasa lebih luas dan bersih sehingga memberikan kenyamanan di pikiran. Dengan begitu, tingkat stres akan lebih rendah serta bisa hidup lebih bahagia dan sehat.

 

Saat ini, beberapa orang mungkin memiliki tingkat stres dan cemas berlebih yang cukup tinggi. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, gangguan depresi, perubaha pola tidur dan makan, masalah pencernaan, otot kaku dan lemah, hingga munculnya sakit kepala dan lemas. Dengan menerapkan gaya hidup minimalis ini, lama kelamaan tingkat stres yang menurun bisa membantu menghilangkan beberapa masalah kesehatan, termasuk sakit kepala yang seringkali diderita dan selalu membutuhkan bantuan Paracetamol untuk meredakannya.

 

Semoga dengan menjalankan gaya hidup minimalis ini, Moms dan keluarga bisa lebih bahagia, bebas stres, dan tentunya terhindar dari masalah kesehatan lainnya.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga