Kebiasaan Buruk Anak yang Bisa Sebabkan Sakit Gigi saat Liburan

Website Biogesic Indonesia
Kebiasaan Buruk Anak yang Bisa Sebabkan Sakit Gigi saat Liburan
02 August 2023
Kebiasaan Buruk Anak yang Bisa Sebabkan Sakit Gigi saat Liburan

Selama liburan, biasanya anak sering merasa ingin melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya seperti pergi berlibur bersama keluarga dan menikmati berbagai makanan dan minuman. Kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus menerus merupakan salah satu faktor penyebab anak-anak mengalami sakit gigi, terlebih saat liburan seperti mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan, sampai kesalahan dalam membersihkan area gigi dan mulut. Hal ini dapat merusak kesehatan gigi dan mulut anak, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya pada masa mendatang, oleh karena itu sebaiknya jangan diabaikan dan yuk kenali lebih lanjut kebiasaan buruk anak yang dapat menyebabkan sakit gigi.

1. Seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman manis

Mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan merupakan salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh anak-anak. Mengingat banyak sekali makanan dan minuman manis yang dijual secara bebas di sekitaran rumah maupun sekolah. Padahal kandungan gula dalam makanan dan minuman manis tersebut sangatlah berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut anak-anak karena dapat menimbulkan plak pada gigi yang kemudian dapat menyebabkan pembusukan pada gigi. Jika diabaikan hal ini dapat menyebabkan sakit gigi.

2. Kesalahan pada saat menyikat gigi

Benar bahwa menyikat gigi sebanyak dua kali sehari merupakan kebiasaan yang baik. Namun, jika dilakukan dengan cara yang salah justru dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Banyak anak-anak tidak menyikat gigi dengan benar, melakukannya secara singkat sehingga tidak semua permukaan gigi dibersihkan. Karena sisa makanan yang tersisa dapat menimbulkan plak dan mengakibatkan sakit gigi. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengajarkan teknik gosok gigi yang baik dan benar, seperti gunakan gerakan memutar secara perlahan dan membersihkan satu persatu area gigi.

3. Menggunakan dot berisi cairan manis

Banyak orang tua menggunakan dot berisi cairan manis sebagai pengganti susu guna menenangkan anaknya. Padahal hal tersebut dapat menyebabkan sakit gigi pada anak jika tidak dibersihkan dengan benar. Sebaiknya hindari memberikan dot berisi cairan manis dan mengajak anak untuk mengkonsumsi air putih.

4. Kebiasaan menghisap jari

Kebiasaan menghisap atau menjilat jari ini sangat umum dilakukan oleh anak-anak. Hal ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan pergeseran pada gigi hingga pertumbuhan rahang yang tidak normal. Jika diabaikan hingga gigi permanen tumbuh, gigi dapat tumbuh tidak sejajar. Dengan gigi yang tidak sejajar akan membuat anak kesulitan untuk menggigit maupun mengunyah makanan.

5. Mengkonsumsi makanan lengket

Permen karet atau jenis permen yang lengket biasanya sangat digemari oleh anak-anak. Padahal, jenis makanan tersebut cenderung lebih susah dibersihkan karena akan sangat melekat pada gigi yang dapat menyebabkan sakit gigi jika tidak dibersihkan dengan benar. Jenis makanan ini dapat memproduksi asam pada gigi yang dapat mengikis lapisan-lapisan gigi secara perlahan, sehingga membuat gigi menjadi berlubang. Orang tua perlu lebih waspada dan membatasi anak dalam mengkonsumsi jenis makanan ini.

6. Tidak menggunakan pelindung gigi

Hal ini mungkin terdengar sepele, namun jika diabaikan saat melakukan aktivitas fisik atau olahraga dapat berisiko mengalami cedera pada gigi dan mulut. Dalam kondisi tertentu, terkadang anak-anak memilih olahraga maupun aktivitas yang berisiko mengalami benturan fisik yang dapat menyebabkan gigi patah, hingga merusak jaringan di sekitar gigi. Oleh sebab itu, orang tua perlu mengantisipasinya dengan memberikan anak pelindung gigi saat melakukan aktivitas-aktivitas tersebut.

7. Menggigit benda-benda yang keras

Hal ini sangat sering terjadi pada anak-anak. Kebiasaan untuk menggigit benda-benda keras di sekitarnya seperti pensil, pulpen dan lainnya perlu dibatasi. Karena hal ini dapat merusak gigi dan menyebabkan gigi retak hingga patah. Selain itu, bagian kecil dari benda yang mereka gigit berisiko tertelan oleh anak.

Itulah beberapa kebiasaan buruk anak yang dapat menyebabkan sakit gigi. Penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak untuk membersihkan area gigi dan mulut secara baik dan benar. Selain itu awasi selalu makanan dan minuman yang dikonsumsi anak, pastikan anak tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis secara berlebihan, maupun jenis makanan yang bertekstur lengket maupun keras. Jika sakit gigi pada anak mulai mengganggu, berikan anak obat pereda nyeri dan konsultasikan dengan dokter jika sakit gigi pada anak masih berlanjut.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga