4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Anak Demam - Biogesic

Website Biogesic Indonesia
Ini Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Anak Demam
20 December 2021
Ini Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Anak Demam

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat anak demam karena pada dasarnya Moms perlu mengetahui dulu kondisi umum pada Si Kecil. Gejala demam dapat menjadi indikasi bahwa ada sesuatu yang terjadi pada tubuh, misalnya infeksi. Saat demam, tak jarang tubuh juga meriang, lemas, sakit kepala, dan tidak nafsu makan.

 

Alasan Mengapa Anak Terkena Demam

Ada lebih dari 200 jenis virus dapat menyebabkan infeksi dengan gejala demam pada anak, jenis rhinovirus adalah penyebab paling umum. Virus ini masuk melalui droplets di udara atau benda yang disentuh. Kemudian virus masuk ke lapisan pelindung hidung dan tenggorokan, memicu reaksi sistem imun sehingga muncul gejala sakit tenggorokan, sakit kepala, dan kesulitan bernapas lewat hidung. Udara yang kering, baik di dalam atau di luar ruangan, dapat meningkatkan risiko infeksi oleh virus yang menyebabkan demam.

 

Makanan Penurun Demam

Berdasarkan pendapat para ahli kesehatan, berikut ini beberapa rekomendasi makanan penurun demam yang bisa disajikan untuk Si Kecil:

  • Sup ayam

Inilah salah satu makanan sumber vitamin, mineral, kalori, serta protein yang baik dikonsumsi saat demam menggigil. Sup ayam juga bisa jadi sumber cairan dan elektrolit yang sangat baik, kedua hal ini diperlukan untuk mengatasi dehidrasi. Selain itu, uap panas pada sup ayam efektif dalam membersihkan lendir hidung sehingga terbukti menjadi dekongestan alami.

  • Air kelapa

Mengapa hidrasi sangat penting saat demam? Pada kondisi panas dingin  biasanya tubuh banyak berkeringat, muntah, atau diare, sehingga berisiko kehilangan banyak air dan elektrolit. Air kelapa mengandung glukosa dan elektrolit yang dibutuhkan untuk rehidrasi. Terlebih lagi, beberapa penelitian menemukan bahwa minuman manis dan beraroma ini mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan kontrol gula darah dalam tubuh.

  • Teh lemon hangat

Di dalam teh terkandung polifenol jenis tanin, yaitu zat alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti antioksidan, anti-inflamasi hingga efek anti-kanker. Tanin adalah salah satu jenis polifenol yang ditemukan dalam teh. Selain itu, lemon dapat melengkapi kebutuhan vitamin C berguna untuk meningkatkan daya sistem kekebalan tubuh yang terserang panas dingin.

  • Madu

Di antara segala kelebihan madu, salah satunya terbukti memiliki efek antibakteri yang kuat karena mengandung senyawa antimikroba tinggi. Beberapa bukti lain menunjukkan bahwa madu juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga baik dikonsumsi langsung atau ditambahkan ke dalam menu makanan saat demam lainnya. Dengan begitu, tubuh bisa fokus dalam melawan infeksi penyebab meriang dan menghindari gejala penyakit lain.

  • Susu jahe hangat

Berbagai kandungan dalam jenis rempah yang satu ini efektif melawan infeksi penyebab demam. Rasa pedas dan hangat pada jahe karena kandungan senyawa aktif gingerol juga bisa berguna sebagai dekongestan alami. Sementara itu, senyawa amino acid pada susu baik untuk merangsang kualitas tidur lebih baik sebab saat terasa demam meriang akan sangat baik untuk banyak beristirahat.

 

Apakah Sebenarnya Demam Normal Pada Anak?

Demam pada anak termasuk hal yang umum terjadi dan tidak berbahaya, kecuali jika terjadi pada bayi baru lahir atau anak dengan gangguan kekebalan. Biasanya gejala akan hilang dalam kurun waktu 4-10 hari.

 

Hal-hal berbahaya yang sering dilakukan saat anak demam

Berikut ini beberapa hal yang perlu dihindari saat anak demam agar tidak memperparah kondisinya:

  • Tidak istirahat saat sama sekali

Aktivitas fisik dapat meningkatkan suhu tubuh, jika memaksakan diri dan tidak beristirahat dapat menjadi penyebab demam naik turun. Upayakan agar anak untuk tidur bedrest agar tubuh benar-benar istirahat.

  • Menutupi tubuh berlapis-lapis

Menggunakan selimut berlapis-lapis atau jaket tebal justru dapat memerangkap panas, sehingga menyebabkan suhu tubuh meningkat dan akan susah turun lagi. Terlebih, Si Kecil juga bisa mengalami dehidrasi dan merasa tidak nyaman.

  • Bermain gawai

Jangan biarkan anak bermain ponsel atau gadget lainnya, apalagi saat kondisi masih meriang atau demam menggigil. Kebiasaan ini bisa membuat otot leher tegang, bahkan menyebabkan nyeri saraf hingga menjalar ke punggung, bahu, atau lengan. Bukan hanya itu, cahaya biru gawai tersebut dapat menyebabkan susah tidur dan beristirahat optimal.

  • Mandi air dingin

Mandi saat demam saja tidak direkomendasikan, apalagi menggunakan air dingin. Meski tampak segar, tapi hal ini bisa meningkatkan suhu internal tubuh dengan cepat sehingga memicu demam menggigil. Untuk sementara bersihkan dulu tubuh Si Kecil menggunakan waslap dan air hangat.

 

Ketika anak mengalami suhu tubuh hingga lebih dari 38 derajat Celcius, maka dapat dikatakan anak mengalami demam dan perlu segera dilakukan cara tepat penanganan demam. Jaga suhu serta kelembapan ruangan dan segera berikan Biogesic Anak, sirup paracetamol anak rasa jeruk yang berfungsi sebagai penurun panas anak, pereda nyeri dan sakit kepala, serta sakit gigi. Biogesic Anak baik untuk dikonsumsi untuk anak usia 3 sampai 10 tahun dan dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Dapatkan Biogesic Anak di apotik, toko swalayan, atau beli di sini.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga