Inilah Alasan Mengapa Anak Bisa Demam Saat Tumbuh Gigi - Biogesic

Website Biogesic Indonesia
Demam pada Anak yang Tumbuh Gigi
17 November 2021
Demam pada Anak yang Tumbuh Gigi

Setiap momen pertumbuhan Si Kecil menjadi saat-saat yang membahagiakan bagi setiap Moms. Namun, di sela-sela pertumbuhannya, ada pula kekhawatiran yang muncul, seperti demam pada anak tumbuh gigi. Umumnya, Si Kecil mulai tumbuh gigi saat ia menginjak usia 6-9 bulan. Namun, ada pula Si Kecil yang telah tumbuh gigi di usia 3-4 bulan atau bahkan baru muncul gigi pertama di atas usia 1 tahun. Nah, dikarenakan pertumbuhan Si Kecil bisa beragam, Moms perlu mengetahui beberapa ciri-ciri demam pada anak saat tumbuh gigi agar bisa mengambil tindakan tepat untuk buah hati.

Ciri demam pada anak saat tumbuh gigi

Sama halnya dengan waktu pertumbuhan berbeda, demam karena tumbuh gigi juga dapat berbeda. Agar bisa menentukan hal-hal yang bisa dilakukan saat anak demam karena tumbuh gigi, Moms juga wajib tahu beberapa tanda tumbuh gigi, seperti:

  • Gusi terlihat bengkak
  • Si Kecil suka menggigit barang karena gusinya gatal
  • Mengeluarkan banyak air liur
  • Tidak nafsu makan
  • Rewel di malam hari
  • Menangis tanpa sebab

Gejala pada anak saat demam karena tumbuh gigi

Selain beberapa tanda tumbuh gigi, gejala yang mungkin muncul saat anak demam karena tumbuh gigi sebenarnya tak jauh berbeda dengan demam biasa. Hanya saja, demam karena tumbuh gigi umumnya lebih rendah dari 38 derajat Celsius yang termasuk demam tinggi. Jika di atas itu, kemungkinan disebabkan oleh penyakit lain, Moms. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu mengecek suhu tubuh Si Kecil secara reguler, ya.

Mengapa anak bisa demam karena tumbuh gigi?

Banyak yang berspekulasi tentang hal ini, namun periode tumbuh gigi dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Adanya tekanan dari gigi yang tumbuh juga dapat menyebabkan demam ringan pada Si Kecil, Moms. Selain itu, hal ini dapat terjadi dibarengi dengan sedang turunnya sistem kekebalan tubuh buah hati. 

Berapa lama demam pada anak saat tumbuh gigi?

Lama atau tidaknya demam yang muncul saat tumbuh gigi dapat berbeda pada setiap anak. Umumnya, demam ini dapat terjadi hingga 2 hari. Namun, bila demam masih berlanjut lebih dari itu dan di atas 38 derajat Celsius disertai menangis dan rewel, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk dicek apakah perlu penanganan medis atau tidak. 

Perbedaan anak demam karena sakit dan tumbuh gigi

Walaupun demam karena tumbuh gigi hampir tidak ada bedanya dengan demam biasa, tapi Moms tetap bisa membedakannya penyebab demam dengan mudah, kok. Demam tumbuh gigi biasanya tidak disertai oleh batuk pilek seperti saat buah hati terkena flu. Nah, jika ada salah satu gejala sakit yang menyertai demam, boleh dikatakan bahwa demam tersebut bukanlah karena Si Kecil tumbuh gigi. 

Hal-hal yang bisa dilakukan saat anak demam

Walaupun demam bisa membuat panik, namun Moms dapat membantu menurunkan panasnya dengan beberapa cara. Yang paling mudah, berikan Biogesic Anak dalam bentuk sirup dengan rasa jeruk. Mengandung paracetamol dan bisa menurunkan panas serta bisa mengatasi susah tidur karena demam atau tak nyaman saat tumbuh gigi. 

Sudah tahu tentang demam pada anak karena tumbuh gigi, kan, Moms? Jangan panik dan tetap tenang dalam merawat buah hati yang sedang tumbuh gigi. Jangan lupa sedia Biogesic Anak dan beli di sini sekarang sebagai persediaan di rumah agar panas yang jadi penyebab susah tidur Si Kecil dapat teratasi dengan mudah.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga