Bentuk Kebiasaan Baik, Ajarkan Kebersihan Diri Sejak Dini

Website Biogesic Indonesia
Bentuk Kebiasaan Baik, Ajarkan Kebersihan Diri Sejak Dini
21 June 2022
Bentuk Kebiasaan Baik, Ajarkan Kebersihan Diri Sejak Dini

Pusing tujuh keliling karena Si Kecil selalu bikin rumah layaknya kapal pecah? Atau buah hati paling sulit diajak mandi, apalagi menyikat giginya? Kebersihan lingkungan dan diri sebenarnya wajib diajarkan sejak dini. Tak hanya ia bisa merasa lebih nyaman, mengajarkan tentang kebersihan juga dapat meningkatkan kepercayaan dirinya. Namun, apa saja dasar-dasar kebersihan diri yang harus dikuasai Si Kecil?

 

Mencuci tangan

Sebagian besar kuman, bahkan virus dapat menular melalui kontak sentuh dengan tangan. Mencuci tangan secara rutin tentunya dapat membantu buah hati hingga orang di sekitarnya tertular penyakit tertentu. Beberapa contoh kegiatan yang mengharuskan ia untuk mencuci tangan, antara lain:

- Saat tangan terlihat kotor
- Sebelum makan atau membantu menyiapkan makanan
- Setelah menyentuh daging mentah
- Setelah terpapar cairan tubuh, misalnya muntah, darah, atau kencing
- Setelah menyentuh hewan
- Setelah ke toilet
- Setelah membuang ingus, bersin, dan batuk

 

Mandi teratur

Mungkin Si Kecil sulit dibujuk untuk mandi dengan teratur dua kali sehari. Namun, Moms dapat mengakalinya dengan memberikan alat mandi pilihannya, mulai dari sabun, sampo, hingga sikat gigi dengan karakter favorit. Selain itu, Moms juga bisa membuat berbagai hal kreatif bersama Si Kecil yang bisa menjadi temannya saat mandi. Hal ini bisa membantunya lebih semangat untuk membersihkan dirinya. Sebelum membiarkannya mandi sendiri, ajarkan pula cara membersihkan tubuh dengan benar, termasuk gigi, rambut, daerah ketiak, leher, area alat kelamin, hingga dubur.

 

Pakaian bersih

Tak hanya mandi, memastikan Si Kecil menggunakan pakaian hingga celana dalam yang bersih setiap hari sangat penting. Walaupun pakaiannya tidak berbau, Moms tetap harus menggantinya dengan yang baru karena baju yang telah dipakai berjam-jam, apalagi jika ia berkeringat, dapat memicu kuman bersarang yang bisa menyebabkan masalah kulit.

 

Adab bersin dan batuk

Saat ini, penularan penyakit cukup rentan sehingga adab bersin dan batuk menjadi salah satu dasar kebersihan diri yang wajib dilakukan. Hal ini dilakukan karena batuk dan bersin dapat mengandung kuman atau virus tak terlihat. Jadi, pastikan untuk mengajarkan Si Kecil untuk menutup mulutnya dengan siku bagian dalam saat batuk atau bersin, ya.

 

Nah, itulah beberapa hal dasar yang wajib diajarkan kepada Si Kecil sejak dini agar menjadi kebiasaan baik di masa depan. Dengan memahami pentingnya kebersihan diri, ia juga dapat menjaga orang-orang di sekitarnya. Jangan lupa untuk selalu memberi contoh yang baik kepada Si Kecil di keluarga setiap hari, ya!

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga