Tips Mengatasi Sakit Kepala karena Udara Dingin

Website Biogesic Indonesia
Tips Mengatasi Sakit Kepala karena Udara Dingin
19 July 2022
Tips Mengatasi Sakit Kepala karena Udara Dingin

Apakah Moms sering merasa sakit kepala karena udara dingin? Selain alergi, udara dingin juga bisa menyebabkan beberapa kondisi kurang nyaman bagi beberapa orang. Sakit kepala saat udara dingin merupakan reaksi perlindungan diri terhadap tekanan lingkungan yang buruk. Teorinya, sakit kepala akan membuat seseorang mencari lingkungan yang lebih aman dan nyaman untuk tubuh mereka. Apalagi saat terjadi perubahan cuaca yang tergolong ekstrem.

 

Mengapa bisa terjadi sakit kepala karena udara dingin?

Bila dijelaskan secara ilmiah, faktor suhu entah itu dingin atau panas dapat memengaruhi diameter pembuluh darah. Efek suhu dingin pada pembuluh darah adalah penyempitan pembuluh darah, sementara efek suhu panas adalah sebaliknya. Maka dari itu jika terpapar dingin, kulit akan tampak pucat karena pembuluh darah menyempit sehingga peredaran darah menujunya menjadi berkurang. Pada sebagian orang, pembuluh darah atau saraf-saraf lain yang dimiliki bisa saja lebih sensitif terhadap faktor suhu, maka ketika terpapar udara dingin pembuluh darah yang mengarah ke otak mengalami penyempitan, lalu peredaran darah menuju otak menjadi berkurang.

 

Di sisi lain, sakit kepala juga bisa diakibatkan masalah sinus atau rongga pada hidung. Maka dari itu, penting untuk menjaga suhu udara yang kita hirup tetap hangat saat mencapai paru-paru. Pada sebagian orang yang sensitif, pelebaran pembuluh darah di hidung saat dingin menyebabkan hidung mampet. Selain itu, sakit kepala Moms juga mungkin tidak sepenuhnya bergantung pada faktor cuaca, kemungkinan ada faktor karena otot tegang, migrain, atau sinusitis. Ada baiknya Moms memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya lebih jelas. Mungkin diperlukan pemeriksaan darah dan foto Rontgen untuk menunjang diagnosis.

 

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala karena udara dingin, atau setidaknya meredakan gejalanya:

 

  • Hindari paparan udara dingin yang langsung mengarah ke wajah atau kepala. Jika memungkinkan segera gunakan topi, scarf, atau penutup kepala lainnya untuk meminimalisir paparan tersebut.
  • Hindari dehidrasi dengan mengonsumsi air putih. Udara dingin secara umum dapat menyerap kandungan air tubuh lebih cepat sehingga tubuh rentan dehidrasi. Kondisi dehidrasi tersebut juga dapat memicu sakit kepala.
  • Makan sehat dan istirahat yang cukup. Udara dingin dapat membuat kondisi tubuh yang lapar dan lelah bertambah buruk, tidak terkecuali meningkatkan risiko sakit kepala.

 

Baik itu peregangan, yoga, meditasi, atau relaksasi otot progresif, penting untuk mengetahui cara relaks ketika Moms berada di tengah-tengah periode sakit kepala dapat membantu mengatasi rasa sakit. Bila perlu catat setiap kejadian rasa nyeri yang Moms alami untuk mencari tahu apa pemicu yang sebenarnya. Hal ini juga untuk memastikan apakah Moms mengalami sakit kepala karena udara dingin atau karena pemicu lainnya.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga