Obat Penghilang Nyeri! Salah Satu Tips Menghilangkan Nyeri Punggung

Website Biogesic Indonesia
Obat Penghilang Nyeri! Salah Satu Tips Menghilangkan Nyeri Punggung
08 May 2023
Obat Penghilang Nyeri! Salah Satu Tips Menghilangkan Nyeri Punggung

Nyeri pada punggung merupakan gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi, kondisi ini dapat dialami siapa saja, mulai dari anak kecil, orang dewasa terutama orang yang berusia 30 tahun ke atas, perokok aktif, penderita obesitas, hingga orang yang sering mengangkat beban berat. Kondisi ini biasanya ditandai dengan rasa pegal, nyeri hingga kaku pada bagian belakang tubuh, mulai dari bagian bawah leher belakang hingga tulang ekor. Pada umumnya, nyeri punggung ini bukanlah masalah serius dan bisa sembuh dengan sendirinya. Meski begitu, kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga perlu ditangani dengan baik dan benar. Buat kamu yang pernah mengalami masalah ini, yuk cari tahu penyebab dan tips mengatasinya!

Penyebab Nyeri Punggung

Nyeri punggung biasanya disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kebiasaan buruk hingga beberapa kondisi tertentu. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami nyeri punggung, seperti:

1. Duduk terlalu lama

Postur tubuh yang salah saat duduk juga dapat menimbulkan nyeri punggung, terutama saat kondisi duduk dalam jangka waktu yang relatif lama seperti bekerja lembur seharian, menunduk terlalu lama saat menggunakan gadget atau biasanya pergi berkendara dengan lokasi yang cukup jauh. Duduk terlalu lama dapat membuat posisi duduk menekan saraf-saraf di punggung sehingga membuat otot punggung menjadi kaku dan sakit.

2. Kurang olahraga

Dengan padatnya aktivitas setiap orang, membuat sebagian orang menjadi jarang berolahraga. Padahal kurang olahraga dapat membuat otot tubuh menjadi lebih lemah dari biasanya sehingga tidak mampu menopang tubuh dengan baik. Hal itu yang membuat punggung akan lebih mudah merasakan sakit punggung.

3. Membawa tas terlalu berat

Para pekerja atau anak sekolah biasanya mengalami keadaan seperti ini. Terlalu sering membawa ransel yang berat akan mempengaruhi bentuk tulang belakang dan dapat memicu sakit punggung. Beban maksimal yang bisa kamu bawa tidak boleh melebihi 20% dari berat badan kamu.

4. Cedera

Cedera, juga merupakan penyebab yang sering dialami saat merasakan nyeri punggung. Cedera pada otot, tulang, serta saraf punggung dapat menyebabkan nyeri punggung. Cedera biasanya diakibatkan oleh kecelakaan, sering melakukan olahraga berat dengan gerakan yang salah, dan masalah lainnya.

Dari penyebab diatas, perlu diperhatikan beberapa tips untuk menghilangkan nyeri punggung, yaitu:

Tips Menghilangkan Nyeri Punggung

 

1. Melakukan aktivitas ringan

Melakukan aktivitas ringan adalah salah satu tips yang paling mudah untuk dilakukan. Aktivitas ringan bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki dengan santai, hal ini dapat membantu pemulihan menjadi lebih cepat.

2. Kompres air dingin atau hangat

Jika kamu merasakan tegang pada otot bagian belakang, kompres menggunakan air dingin atau hangat, hal ini dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot maupun terjadinya pembengkakan. Bila perlu tempel dengan koyo hangat atau balsam.

3. Pola hidup sehat

Perubahan pola hidup juga dapat mengurangi nyeri pada punggung, seperti mengkonsumsi makanan bergizi dan juga rutin berolahraga.

4. Penyesuaian posisi tidur

Untuk kamu yang terbiasa tidur terlentang, kamu bisa menempatkan bantal pada bawah kedua lutut, sedangkan jika kamu terbiasa tidur menyamping, angkat kaki ke dada dan tempatkan banta diantara kedua kaki.

5. Konsumsi Obat penghilang nyeri

Sama seperti penyakit pada umumnya yang berkaitan dengan nyeri, obat penghilang nyeri adalah cara paling ampuh dan praktis. Paracetamol adalah contoh obat penghilang nyeri yang dijual bebas tanpa resep dokter. Dengan mengkonsumsi obat penghilang nyeri, nyeri punggung bisa teratasi. Namun, perlu tetap diperhatikan, mengkonsumsi obat penghilang nyeri harus dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti keamanan dan efek samping obat tersebut. Jangan mengkonsumsi obat-obat yang tidak jelas yang beredar di sembarang tempat.

Paracetamol adalah salah satu jenis obat penghilang nyeri yang disarankan oleh dokter karena tidak memiliki efek samping yang berat. Selain itu, paracetamol memiliki dosis yang pas dan sesuai dengan anjuran. Paracetamol mampu mengatasi nyeri akibat nyeri punggung setelah bekerja seharian.

Apabila kelima hal diatas belum bisa mengatasi masalah nyeri pada punggung. Segera lakukan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut demi menghindari hal yang tidak diinginkan terhadap punggung.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga