Dehidrasi Bisa Sebabkan Sakit Kepala, Benarkah?

Website Biogesic Indonesia
Dehidrasi Bisa Sebabkan Sakit Kepala, Benarkah?
21 June 2022
Dehidrasi Bisa Sebabkan Sakit Kepala, Benarkah?

Pusing atau sakit kepala merupakan salah satu nyeri yang paling umum dirasakan dan bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari. Walaupun memiliki berbagai penyebab sakit kepala, namun dehidrasi menjadi salah satu yang seringkali diabaikan dan tidak disadari oleh banyak orang. Apa yang membedakan sakit kepala karena dehidrasi ini? Cek bersama-sama, yuk, Moms!

 

Apa itu dehidrasi?

Dehidrasi yang menyebabkan sakit kepala berawal karena kurangnya asupan cairan tubuh dan dapat dirasakan mulai dariringan hingga cukup serius seperti halnya migrain. Tubuh yang terdiri dari sebagian besar cairan membutuhkan asupan yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Elektrolit yang merupakan mineral di dalam air dapat membantu tubuh untuk bekerja sesuai fungsinya, misalnya buang air kecil atau berkeringat. Saat hal initerjadi, tubuh juga kehilangan elektrolit.

 

Mengapa sakit kepala dehidrasi bisa terjadi?

Umumnya, tubuh dapat dengan mudah mendapatkan asupan cairan dari minuman atau makanan dengan kandungan air tinggi. Namun, sewaktu-waktu tubuh dapat kehilangan cairan lebih cepat sehingga terjadilah dehidrasi. Nah, hal inilah yang bisa menjadi awal sakit kepala dehidrasi. Sakit kepala muncul karena otak dapat berkontraksi dalam kondisi dehidrasi sehingga seperti tertarik dari tempurung kepala dan menyebabkan nyeri.

 

Apa gelaja sakit kepala dehidrasi?

Sakit kepala dehidrasi dapat terasa seperti sakit kepala biasa atau migrain yang serius. Nyeri yang ditimbulkan dapat dirasakan pada bagian depan, belakang, samping, atau seluruh bagian kepala. Umumnya, menggerak kan kepala akan memperparah nyeri. Selain itu, ada beberapa ciri yang harus diperhatikan, seperti:

- Rasa haus yang luar biasa
- Urin sedikit
- Warna urin gelap, kuning pekat, hingga kecoklatan
- Linglung
- Keliyengan
- Merasa lelah
- Mulut terasa kering
- Kulit kering dan tak elastis
- Tekanan darah rendah
- Detak jantung meningkat
- Demam
- Sulit berkeringat
- Tak sadarkan diri

 

Cara mencegah sakit kepala dehidrasi

Untuk meredakan sakit kepala karena dehidrasi, hal pertamayang wajib dilakukan adalah mengatasi dehidrasinya. Minum air yang banyak atau yang mengandung elektrolit tinggi untukmengembalikan cairan tubuh dengan cepat. Selain itu, hindarikegiatan fisik untuk mengurangi berkeringat. Walaupundiharuskan minum, tapi hindari alkohol dan kafein karenakeduanya justru memperparah dehidrasi.

 

Bila sakit kepala tidak tertahankan, Moms dan keluarga bisa mengonsumsi obat, seperti Paracetamol. Umumnya, Paracetamol digunakan sebagai salah satu kandungan obat yang bermanfaat sebagai pereda nyeri. Paracetamol juga minim efek samping sehingga aman diminum sesuai anjuran. Paracetamol bekerja dengan cara mengurangi intensitas sinyal rasa sakit yang dikirimkan ke otak. Setidaknya, obat jenis ini akan bekerja setelah sekitar satu jam, namun tetap bergantung pada tingkat sakit yang dirasakan.

 

Jika sakit kepala masih berlanjut dan ciri dehidrasi tidak kunjung reda setelah minum, segera periksakan diri ke dokter untuk menghindari masalah kesehatan lainnya. Jangan lupa untuk secara teratur minum setidaknya 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan harian dan menghindari sakit kepala dehidrasi, ya.

BIOGESICPereda NyeriKeluarga

BIOGESIC
Pereda Nyeri
Keluarga